Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

(Lanjutan) Mata Kuliah Semester Pertama Arsitektur

Postingan ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya. Check this out..


6. MEKANIKA TEKNIK


Ukhm, berbicara tentang mekanika teknik alias mektek, mata kuliah ini dapat di katakan sebagai momok bagi sebagian besar mahasiswa arsitektur. Pasalnya, mata kuliah yang berisi ilmu fisika ini di anggap sangat rumit dengan bermacam perhitungan dan deretan rumus yang lumayan menambah kadar kegalauan mahasiswa. Hal ini terbukti dengan nilai yang di peroleh mahasiswa arsitektur tiap angkatanya. 

Dosen saya pernah berkata pada pertemuan bahwa tiap tahunya, mahasiswa yang mendapat nilai A di mata kuliah ini paling banyak hanya 2 atau 3 orang. sisanya sebagian B, dan mayorita adalah C serta beberapa nilai D. Dan ucapan dosen tersebut terbukti saat nilai kami keluar.

Mata kuliah ini memerlukan ketekunan dalam berlatih mengerjakan soal, serta ketelitian dan keahlian dalam menggunakan penggaris. Penggaris yang digunakan dalam mata kuliah ini berupa busur, dan sepasang penggaris segitiga.

Jadi dalam mengerjakan soal, selain menggunakan rumus kita juga diminta untuk menggunakan cara grafis, yaitu dengan menggunakan penggaris. Untuk cara grafis ini, ketepatan menggaris adalah harga mati. Kesalahan sedikit saja bisa membuat pekerjaan kita salah.

Yang menyenangkan dari mata kuliah ini adalah setiap soal yang kita kerjakan dapat di uji sendiri kebenaranya dengan mencocokan hasil dari rumus dan secara grafis. Saat keduanya sama, saat itulah anda pasti merasakan keasyikan mata kuliah ini.

Materi yang di pelajari di MK ini berupa resultan gaya, titik berat, perletakan, dan lain lain. Intinya, yang di pelajari adalah gaya. Bukan gaya busana apalagi gaya berjalan ya sobat, tapi Gaya dalam ilmu fisika.

Tips untuk mata kuliah ini adalah perhatikan dengan teliti saat dosen menjelaskan serta sering seringlah bertanya kepada teman  yang dianggap menguasai mata kuliah ini. Dan yang paling utama adalah BERLATIH!. Ada pepatah mengatakan, “bisa karena biasa”. Nah, pepeatah itu juga berlaku untuk mata kuliah ini. (Update : Mata kuliah ini sudah dihapus dari kurikulum :( hiks )




7. BAHAN DAN MATERIAL BANGUNAN


Mata kuliah yang disingkat BMB ini mempelajari tentang bahan bahan serta material penyusun suatu bangunan, mulai dari semen, pasir, batu, bata, kayu dan masih banyak lagi. Intinya, di mata kuliah ini membahas segala sesuatu yang menusun suatu bangunan, termasuk pula bagian exterior, seperti taman,gazebo,pagar, dan sebagainya

Di mata kuliah ini kami diberi tugas makalah tentang bahan dan material penyusun bangunan, mulai dari pondasi sampai atap. Nanti saya akan upload makalah saya di postingan selanjutnya.

Di akhir pertemuan, kami mendapat tugas final membuat bata dan plank. Kelmpok saya saat itu mendapat tugas membuat bata ringan. Bata ringan ini memiliki beberapa kelebihan di banding batu bata dan batako, meskipun memiliki harga yang relative lebih mahal.

Saran saya mengenai mata kuliah ini adalah dengan serajin mungkin browsing mengenai bahan dan material bangunan lewat internet dan teknologi tebaru yang di gunakan.

8. AGAMA


Oke, selanjutnya ada mata kuliah umum yang hukumnya fardu ain di pelajari oleh semua jurusan. Sesuai namanya, MK ini mempelajari tentang ilmu agama. Hampir tiap tahun mata kuliah ini menugaskan mahasiswanya untuk membuat makalah tata cara bersuci dan shalat disertai dengan tulisan arabnya.

Sekedar mengingatkan, kalau mata kuliah ini tidak pernah memberi tugas makalah dengan cara ketik komputer, tetapi selalu tulisan tangan. Alasanya karena dengan menulis menggunakan tangan, kita akan terhindar dari praktek copy paste yang sudah membudaya bagi mahasiswa.

Pernah saat itu kami diberi tugas membuat makalah tentang perbedaan ideology Kapitslisme, Sosialisme dan Islam sebanyak 30 lembar pembahasan.

Karena menganggap remeh, saya mulai mengerjakan saat h-2 pengumpulan tugas. Hasilnya, saya dan sebagian teman keteteran dan hampir terlambat menyetor. Dan rasanya sangat tidak enak mengerjakan tugas di menit menit akhir. Jadi, jangan pernah mencoba menunda untuk mengerjakan tugas MK ini dan MK lainnya.


9. ESTETIKA BENTUK


Dari namanya, sudah jelas dong yah apa yang di pelajari di mata kuliah ini. Yap, tentang keindahan atau estetika dari bentuk, baik bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

Mata kuliah ini bertujuan untuk merangsang jiwa seni  para calon arsitek serta memahami makna atau filosofi  keindahan, yang natinya dapat di aplikasikan saat merancang sebuah bangunan.  Kita juga di beri pemahaman mengenai unsur unsur dari estetika itu sendiri.

Bagi saya, Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah yang paling menarik di arsitektur. Di mata kuliah ini kita benar benar di beri kesempatn menuangkan kreativitas kita dalam sebuah karya dua dimensi maupun tiga dimensi, atau istilahnya dwimatra dan trimatra. Berikut adalah beberapa tugas yang pernah kami buat.


tugas saya tentang dwimatra

tugas siluet komposisi Lala


10. BAHASA INDONESIA


Yang terakhir ada mata kuliah umum, bahasa Indonesia. Materinya merupakan kelanjutan maupun pengulanan dari materi yang di ajarkan di SMA. Di mata kuliah ini tugas yang di berikan dapat  berupa menulis surat dinas dan berbagai makalah.

oke, itulah sedikit gambaran mengenai  mata kuliah yang akan kalian pelajari di semester petama jika kalian kuliah di jurusan arsitektur, terutama di UHO. Tugas tugas yang di berikan dapat berbeda bagi setiap dosen, tapi tidak akan terlalu jauh berbeda kok. Di semester pertama ini kita belum mendesain bangunan. Belajarnya bertahap, dimulai dari hal hal dasar dulu, tidak langsung mendesain bangunan.

Sekian untuk artikel ini, I’m looking forward to seeing you in my next post. Daah…


La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

4 comments for "(Lanjutan) Mata Kuliah Semester Pertama Arsitektur"

  1. Terimakasih kak untuk info mata kuliah semester 1 nya. Ini sangat membantu 😊👍

    ReplyDelete
  2. Iya sama-sama. Lulus arsitek uho?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. boleh. Akun FB saja ya.

    Sidin La.

    ReplyDelete