Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Semester 2 Arsitektur UHO



Source image : http://www.arch2o.com

Review ini saya buat untuk memberikan gambaran bagi kamu kamu yang akan memasuki semester 2 perkuliahan Arsitektur UHO. Dengan membaca review ini, nantinya sobat akan punya persiapan yang lebih matang dalam menghadapi semester baru. Ini sekalian memenuhi rekuest dari junior saya sebenarnya. So, enjoy it.

Di semester 2 perkuliahan Arsitektur, ada 10 mata kuliah yang wajib sobat pelajari jika mendapat sks full (24 sks). Apa saja kesepuluh mata kuliah itu? Berikut pemaparanya.

1.    Survei dan Pengukuran

Survey dan pengukuran adalam mata kuliah yang mengharuskan kita turun ke lapangan. Tugas utamanya adalah mengukur kontur tanah menggunakan penyipat datar waterpass. Selain waterpass sebenarnya ada pula pengukuran menggunakan Theodolit, namun karena  satu dan lain hal, kami hanya melakukan pengukuran dengan waterpass.

Hasil dari pengukuran itu nantinya akan disajikan dalam bentuk laporan lengkap kelompok. Jujur, mata kuliah ini lumayan berat dan butuh ketekunan serta kesabaran. Baik itu dalam praktek lapangan, maupun dalam pembuatan laporannya.

2.    Asas Perancangan Arsitektur 1

Di asas, sobat akan mulai mempelajari mengenai proses merancang/ kerangka berpikir dalam merancang. Asas ini dipelajari sampai semester 5 (asas 4). Pada asas 1, materi yang dipelajari adalah materi dasar dalam perancangan. Tugas- tugasnya pun belum berat berat amat.

Beberapa tugas yang diberkan antara lain menghitung kebutuhan perabot dalam sebuah ruang, mengsketsa bangunan kafe dengan bentuk biota laut dan sebagianya. Actually, saya punya hubungan buruk dengan asas ini. Asas 1 dan  saya dapat C *buka aib_-*. I don’t know why. Mungkin kami memang tidak berjodoh. Whatever. Doakan saya selamat di asas 3.

3.    Struktur dan Konstruksi Bangunan 2

Sama seperti asas, SKB juga adalah mata kuliah berkelanjutan. Di SKB 1 materi yang dibahas masih dasar dan berfokus kepada struktur dan konstruksi bangunan 1 lantai. struktur yang dimaksud mulai dari pondasi,sloof, lantai, kolom, balok, sampai atap. Karena berfokus pada bangunan 1 lantai, strukturnya pun masih sederhana.

Di SKB 1 ini sobat akan mulai diberi tugas menggambar rencana dan detail pondasi, rencana dan detail kusen, plafon, site plan, potongan, tampak, serta rencana dan detail kuda-kuda. Untuk tugas final, kami diminta menggambar rumah tipe 54.

4.    Sejarah arsitektur 1

Di sejarah arsitektur 1 sobat akan mempelajari materi tentang sejara arsitektur tradisional di indonesia, seperti aceh, bali, nias, papua dan sebagainya. Mata kuliah ini lebih banyak diisi dengan presentasi kelompok.

5.    Gambar Arsitektur 2.

Mata kuliah kelanjutan dari semester 1 ini adalah mata kuliah faforit saya di semester 2. Bisa dibilang salah satu mata kuliah ini adalah mata kuliah paling mengasyikan di perkuliahan arsitektur. Kalian akan membutuhkan berbagai jenis pensil dan pensil warna saat memasuki kelas ini.

Di Gambar Arsitektur 2 sobat akan banyak diminta menggambar berbagai jenis bangunan dengan menggunakan teknik yang berbada beda. Beberap bangunan yang pernah kami buat adalah mesjid Malim depan fakulatas teknik, bangunan di kota lama, gedung kuning uho dengan teknik tone (titik), gedung KFC dan Fakultas Pertanian dengan teknik garis, serta Gedung Fakultas Kedokteran dengan teknik warna.

6.    Wawasan Kemaritiman

Wawasan Kemaritiman adalah mata kuliah wajib di semua jurusan, tak terkecuali Teknik Arsitektur. Mata kuliah ini ada karena Indonesia adalah salah satu negara maritim.

Di kelas ini lebih banyak diisi dengan presentasi kelompok dan di akhir perkuliahan kami diminta membuat produk dari hasil laut. Hampir lupa, selain persentasi, dosen juga memberi tugas mebuat film dokumenter serta studi kasus.

7.    Pengkondisian Ruang

Saya punya pemikiran lucu saat pertama kali mendengar nama mata kuliah ini. Sempat terpikir di kalau mata kuliah ini kita akan merancang bentuk bentuk ruang, yang totally wrong. Yang benar adalah kita mempelajari bagaiman cara mengkondisikan suatu ruang agar dapat memberi kenyamanan bagi penghuninya yang diwujudkan daam sebuah desain.


Pengkondisian yang dimaksud adalah pencahayaan dan penghawaan baik alami maupun buatan, serta pengkondisian audio. Sebenarnya, diluar sana mata kuliah ini lebih dikenal dengan nama Fisika Bangunan. nama ini sesuai dengan lingkup bahasanya, yaitu ilmu fisika yang diterapkan pada bangunan.

Selain belajar teori, nantinya sobat akan melakukan praktek tentang pencahayaan alami dalam ruang. Waktu itu kami diminta untuk mengukur intensitas cahaya dalam ruang kelas fakultas teknik. Pengukuranya menggunakan lux meter setiap sejam sekali yang dimulai pukul 8 pagi sampai 4 sore. Hasil pengukuran ini disajikan dalam bentuk laporan kelompok.

8.    Ilmu lingkungan

Sesuai namanya, mata kuliah ini mempelajari tentang kaitan arsitektur dengan lingkungan. Tak bisa dipungkiri bahwa semua karya arsitektur akan mempengaruhi lingkungan. Contoh kecilnya, bangunan yang didirikan di atas tanah akan menghilangkan kemampuan tanah tersebut untuk menyerap langsung air hujan serta menumbuhkan tanaman.

Mata kuliah ini fokus kepada dampak-dampak lingkungan yang ditimbulakan oleh aktifitas manusia yang berkaitan dengan kearsitekturan. Diharapkan nanti setelah mempelajari mata kuliah ini kita akan menjadi arsitek yang selalu mempertimbangkan aspek lingkungan dalam setiap desain yang kita buat.

Tugas-tugas dalam mata kuliah ini secara umum terdiri atas diskusi dan persentasi kelompok serta beberapa laporan.


9.    Mekanika bangunan

Mekanika bangunan bisa dibilang adalah mata kuliah lanjutan dari mekanika teknik. Disini kita mulai menghitung gaya-gaya yang bekerja pada kuda,kuda, jembatan, dll. Intinya mata kuliah ini penuh dengan hitungan.

1.  Sistem Informasi Internasional Keteknikan.

Namanya keren ya, ada unsur internasionalnya. Mata kuliah ini sebenarnya lebih cocok disebut bahasa inggris. Mengapa? karena yan dipelajari adalah bahasa internasional itu sendiri. Di kelas ini kita fokus kepada pembahasan mengenai soal soal Test TOEFL.

Untuk finalnya, mata kuliah ini menggunakan nilai dari TOEFL kita sebagai penilaian utama. Untuk mengikuti tes ini, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 50 ribu. Untuk tingkat kesulitan, menurut saya tesnya nggak susah-susah amat kok. Masih dalam tingkat yang bisa dijawab oleh mahasiswa dengan kemampuan bahasa inggris yang cukup.

Penting untuk diingat, di tes TOEFL ini ada sesi listening atau mendengarkan. Untuk sesi ini, sobat bisa melatih kemampuan listening melalui film atau lagu.

Itulah 10 mata kuliah yang akan sobat geluti saat memasuki semester 2. Tugas tiap dosen dapat berbeda sesuai kemauan dari dosen bersangkutan. Tetap semangat. Keep calm and be Architect.




La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

4 comments for "Review Semester 2 Arsitektur UHO"

  1. Alhamdulillah ... la sidin yang baik ... bapak kagum dan bangga sama kamu. Teruslah menulis ... kalau ada waktu tulis juga ya di blog ini mengenai MK Rekayasa Produk .... hehehhehe ...

    ReplyDelete
  2. mantab la sidin, tetap berkarya

    ReplyDelete