Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Komputer yang Wajib Dikuasai Mahasiswa Arsitektur [Update 2020]

aplikasi gambar mahasiswa arsitektur

(Postingan ini baru saja diperbaharui februari 2020)

Dewasa ini dunia arsitekur makin terbantu dengan perkembangan teknolgi yang semakin baik. Jika pada jaman dulu arsitek harus menggambar melalui kertas sebesar A0 atau bahkan lebih, kini para arsitek dapat sedikit bernafas lega karena kehadiran aplikasi-aplikasi yang mempermudah proses menggambar.

arsitek sebelum autocad
arsitek sebelum AutoCad

Dari gambar diatas kita dapat mengambil sedikt gambaran mengenai cara arsitek terdahulu bekerja. Butuh ketelitian tinggi dan waktu yang lama untuk membuat bangunan besar. Semuanya dikerjakan secara manual. Cara ini tentu akan memakan waktu yang lama sehingga kurang efisien.

Dengan hadirnya aplikasi menggambar, waktu yang terbuang dapat berkurang dan efisiensi dapat tercapai dengan baik. Permasalahn yang tersisa sekarang adalah bagaimana kita mampu mengetahui dan menguasai berbagai aplikasi tersebut.

Berikut adalah aplikasi yang wajib dikuasai oleh mahasiswa arsitektur.

1.    Autocad.

aplikasi arsitek
tampilan AutoCad
Aplikasi ini juga banyak digunakan oleh disiplin ilmu lain selain arsitek. Seperti ilmu sipil, ilmu mekanik, ilmu ukur tanah, dan lain sebagainya. Bagi mahasiswa arsitektur, aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat denah, tampak, potongan, detail, dan lain sebagainya. Menariknya, gambar yang dihasilkan dapat berupa gambar 2D maupun 3D.

Di Arsitektur aplikasi ini dipelajari di semester tiga dalam mata kuliah CAAD. Belajar aplikasi menggambar ini bisa dibilang sangat wajib jika kalian memutuskan untuk kuliah di jurusan Arsitektur.

Meskipun aplikasi ini mulai rutin digunakan semenjak memasuki semester 3, sangat penting bagi kalian untuk mulai berkenalan dengan aplikasi ini sebelum memulai perkuliahan. Percaya deh, kamu tidak akan menyesal kalau sudah mempelajari aplikasi ini jauh jauh hari sebelumnya.

Kamu bisa mempelajari aplikasi ini secara otodidak melalui youtube. Dan akan lebih bagus lagi jika kalian telah punya laptop sendiri dan menginstal aplikasi ini.
 

2. SketchUp + V-Ray

aplikasi mahasiswa arsitektur
tampilan sketchup
Aplikasi 3D dari google ini mulai digunakan saat memasuki semester 4 dan baru aktif dignakan di semester yang lebih tinggi. Fungsinya untuk membuat model 3D dari bangunan maupun landscape. Nantinya model yang dihasilkan akan di render agar tampak real seperti bangunan asli.

Disamping membuat model bangunan, aplikasi ini juga umum digunakan untuk mendesain ruang dalam yang akan kalian pelajari di mata kuliah perancangan ruang dalam 2 di semester 5 nanti.

V-ray sendiri adalah salah satu plugin di sketchup yang biasa digunakan untuk merender model/gambar sketchup yang telah kita buat agar tampak nyata atau real. Jujur saya nyesel banget kenapa dari dulu tidak mempelajari v-ray ini secara penuh.

3. Lumion


Aplikasi wajib mahasiswa arsitektur

Sejujurnya saya belum pernah menggunakan aplikasi ini sampai memasuki semester 4 ini. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan penyajian atau presentasi maupun render gambar.

Dengan aplikasi ini, kalian bisa membuat model yang telah dibuat di sketchup menjadi sebuah video. Kalau kalian pernah menonton video tentang desain apartemen atau bangunan apapun, biasanya mereka menggunakan aplikasi ini untuk membuat video tersebut.

Aplikasi ini terbilang sangat berat. Hanya laptop dengan spek yang tinggi yang mampu menjalankan aplikasi ini dengan baik. Bisa sih sebenarnya dipasang di laptop

4. Enscape


interface enscape
Tampilan enscape

Enscape adalah alternatif lain untuk render selain v-ray. Beberapa teman saya memilih menggunakan aplikasi ini karena lebih ringan dan mudah untuk digunakan. Sama seperti V-ray, aplikasi ini juga merupakan ekstensi dari SketchUp. Artinya aplikasi ini tidak berdiri sendiri namun harus digabung ke aplikasi sketchup yang kamu punya.

Kelebihan dari enscape adalah bisa merender foto atau video lebih cepat, memiliki material tanpa bantuan plugin, serta lebih ringan tentunya.

5.  CorelDraw atau Adobe Illustrator 


aplikasi mahasiswa arsitektur

Kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membuat gambar vektor. Kalian  akan mulai berkenalan dengan aplikasi ini sejak semester pertama di mata kuliah Dasar Komputer.
Aplikasi ini dapat digunakan untuk menggambar konsep, membuat banner dan membuat bahan bahan presentasi lainnya.

6. Adobe Photoshop 


aplikasi mahasiswa arsitektur

Aplikasi gambar bitmap ini dapat digunakan oleh mahasiswa Arsitektur untuk keperluan rendering ataupun menyisipkan objek objek ke dalam gambar desain seperti pohon, manusia, dan mobil. Saya pribadi sering menggunakannya untuk mengedit komik komik yang pernah saya publish di blog ini.

Keuntungan dari menguasai aplikasi ini adalah penggunaanya yang universal, dapat digunakan di berbagai bidang pekerjaan selain arsitektur. olehnya tidak ada alasan bagi kalian untuk tidak belajar menggunakan aplikasi ini.

Kelima aplikasi di atas adalah yang paling sering digunakan oleh mahasiswa arsitektur dalam kegiatan perkuliahan. Ada beberapa aplikasi yang tidak saya sebutkan karena sejauh ini kami sendiri belum gunakan. Mungkin kedepannya akan saya tambah jika mulai digunakan.
Selamat belajar.

Tambahan:

7. Archicad


Archicad

Aplikasi ini mulai banyak digemari oleh beberapa mahasiswa arsitektur maupun arsitek. Seorang arsitek di Quora pernah berkata bahwa  archicad adalah aplikasi yang sering dia gunakan karena sangat efektif.

Di Archicad membuat potongan dan 3D dapat dilakukan hanya dengan sekali klik asal gambar yang dibuat lengkap dengan layout, tinggi dinding dan plafon yang telah tepat.

8. Microsoft Excel


Mengapa Excel penting? Sebap ada mata kuliah bernama Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pastikan kamu mengusai Excel dengan baik ya (bagaiamana memasukan rumus, ploting, dan memprint)

----

Selain aplikasi di atas, kalau bisa kamu juga menguasai aplikasi editing video seperti Adobe Premier, Filmora atau aplikasi edit video lainnya. Sebap nantinya kamu akan membutuhkannya untuk mengedit video hasil renderan yang telah dibuat.

Mungkin itu dulu. Akan saya tambah lagi jika kepikiran yang lain.




La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Aplikasi Komputer yang Wajib Dikuasai Mahasiswa Arsitektur [Update 2020]"