Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperkecil Ukuran Video dengan Handbrake

Bagi para Youtuber, mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas dari video adalah suatu keharusan sebelum memutuskan untuk mengaploadnya ke youtube. Ini karena video hasil render di Adobe Premier ataupun pengedit video lain biasanya memiliki ukuran yang sangat besar. 

Ukuran file video yang terlalu besar akan menyebapkan proses upload menjadi lebih lama. Para viewer video juga akan merasakan dampaknya saat memutar video dengan ukuran terlalu besar. Paket data mereka akan cepat habis dan loading video menjadi lebih lama.
Tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? 




Aplikasi Untuk Mengecilkan Ukuran video


Aplikasi yang digunakan dalam tutorial ini adalah HandBrake. Jenis aplikasi ini adalah Open Source, artinya dapat digunakan dengan gratis. Penggunaanya secara offline atau tanpa menggunakan jaringan internet. Formatnya video yang bisa dikompres dapat berupa mp4 dan mkv.

Sofware Handbrake untuk mengecilkn ukuran video

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas dari video asli. Tampilanya yang sederhana dan user friendly akan memudahkan kamu untuk menggunakan software ini.

Saya pernah mengompres ukuran video hasil editing sebesar 280 mb menjadi hanya 14 mb dengan menggunakan aplikasi ini. Cukup signifikan bukan? 

Untuk memulainya, ikuti petunjuk dibawah.

1.    Dowload aplikasi handbrake di Sini dan instal seperti biasa.

2.    Pilih  Open Source lalu klik Open dan pilih video yang akan dikompres

Memilih file video yang akan dikompres

3.    Centang box Web Optimized

centan box web optimized

4.    Klik tab Video dan pastikan codec yang dipakai adalah H.264 (x264).
5.    Pada bagian Framerate  (FPS) pilih same as before
6.    Pilih lokasi file akan disimpan pada bagian Destination dengan mengklik Bowse. Jangan lupa memberi nama file pada bagian File Name

menetukan destinasi file video

7.    Klik Start Encode untuk memulai proses kompres video.

mulai proses encode

8.    Jika proses encode telah selesesai, akan muncul tulisan Queue finished.

Jika prosesnya telah selesai, bukalah file video pada folder yang telah ditentukan sebelumnya. Badingkan ukuran video sebelum dan sesudah proses encode.

Cepat atau tidaknya proses encoding tergantung pada ukuran video dan spesifikasi laptop yang digunakan. Makin kecil ukuran video serta makin tinggi spek laptop, maka encoding akan makin cepat.

Perlu diingat bahwa tidak semua video bisa dikompres. Ada beberapa kasus ukuran video bukan berkurang tapi malah bertambah. Jadi kembali lagi ke videonya.

Selamat mencoba.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Cara Memperkecil Ukuran Video dengan Handbrake"