Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Garis Tegak Lurus di Autocad

Update : 22 Desember 2020

Assalamu alaikum.

Dalam menggambar menggunakan Autocad, tak jarang kita membutuhkan garis lurus yang tegak, entah itu secara horizontal maupun vertikal. Untuk membuatnya sobat bisa menggunakan perintah LINE.

Perintah line sendiri berfungsi untuk membuat objek garis lurus pada autocad. Perintah line sendiri adalah perintah yang paling sering digunakan ketika menggambar di autocad. Mengapa? Karena pada dasarnya semua gambar terdiri dari garis.




Cara Membuat Garis dengan Perintah Line

  • Ketik LINE atau L saja lalu enter. (Sobat juga bisa menggunakan icon line, tapi cara pertama sudah cukup cepat)


  • Klik sembarang pada layar display untuk menentukan titik point pertama

  • Tekan tombol F8 untuk mengaktifkan Ortho ( fungsinya untuk membuat garis tegak lurus secara vertikal ataupun horizontal. Jika sobat tidak butuh garis tegak maka tidak perlu menekan F8).

  • Arahkan mouse sesuai kebutuhan misalnya ke arah sumbu x ( maksudnya horizontal)

  • Ketikan dimensi atau ukuran dari garis yang ingin dibuat, misalnya 100 cm, maka ketik 100

  • Tekan tombol enter untuk mengeksekusi perintah.


Setelah melakukan langkah di atas, kini sobat telah mempunyai sebuah garis sepanjang 100 cm.

Sekedar saran, jika sobat ingin kuliah di arsitektur atau sudah diterima di jurusan ini, maka pelajarilah aplikasi AutoCad dengan serius sejak dini. Dengan belajar sejak dini, sobat tidak akan kebablasan lagi saat dihadapakan dengan mata kuliah yang membutuhkan autocad dalam pengerjaan tugasnya.

Oh iya, saat menggambar di AutoCad, hal utama yang paling dituntut adalah kecepatan. Oleh karena itu pelajarilah beberapa metode yang digunakan untuk bisa mengerjakan gambar di autocad dengan lebih cepat.

Yang paling utama adalah mengingat perintah perintah yang dibutuhkan dalam menggambar sehingga saat hendak melakukan perintah tadi, sobat hanya perlu mengtikkannya tanpa harus mencari perintah tersebut di toolbar yang cenderung lebih memakan waktu.

Kesimpulan:

Untuk membuat garis yang tegak lurus di autocad, kamu tinggaal mengklik tombol F8. Klik lagi F8 jika ingin membuat garis yang tidak tegak lurus lagi.

Baiklah, itulah postingan tentang cara membuat garis tekgak lurus pada autocad. Jika sobat memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Jangan sungkan untuk membaca postingan lain di blog ini. Akhir kata Wassalamu alaikum.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

1 comment for "Cara Membuat Garis Tegak Lurus di Autocad"

  1. Cara membuat garis lurus tanpa panjang gimana ya, langsung menerus penuh layar dari kiri ke kanan?

    ReplyDelete