Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Dimash Kudaibergen, Penyanyi Bersuara Merdu Asal Kazakhstan






Assalamu Alaikum.

Oke, jadi ini adalah postingan pertama saya yang membahas tentang artis atau seorang penyanyi. Tapi tenang, penyanyi ini bukanah penyanyi sembarangan. Sesuai judul, penyanyi yang akan saya bahas bukan berasal dari Indonesia, melainkan Kazakhstan, sebuah negara yang berada di lintas benua antar asia dan eropa.


Namanya adalah Dimash, anak yang lahir dari pasangan penyanyi kazakhstan yang bernama kudaibergenovich dan Svetlana Aitbaeva yg begitu dihormati di Kazakhstan. Dimash yang bernama asli DINMUKHAMED KANATULY KUDAIBERGEN atau kadang juga dipanggil Diko ini lahir di aktobe, Kazakhstan pada 24 Mei 1994. Masih muda sekali bukan?

Dimash yang memang sudah menjadi seorang penyanyi sejak muda mulai mengalami lonjakan karir sejak saat mengikuti sebuah kompetisi penyanyi profesional Bernama SINGER tahun 2017 yang diadakan di china mulai 27 Januari – 22 April 2017. Dimash sendiri pun mengakui bahwa disinilah awal karirnya melesat. Meskipun tidak menjadi juara dan menduduki posisi Runner Up, penampilan Dimash selalu menjadi hal yang dinanti nantikan tiap episodenya.


Jika saya tidak salah, kompetisi ini terdiri dari 12 episode, dimana tiap episodenya akan ditentukan siapa yang memiliki vote terbanyak. Saya kurang tahu bagaimana sistem di akhir kompetisi apakah  dilakukan akumulasi dari semua vote yang pernah diperoleh atau dengan cara lain. Yang pasti dimash berhasil menduduki peringkat kedua.


Dimash mulai mencuri perhatian sejak episode pertama saat membawakan lagu prancis yang sangat terkenal berjudul ‘SOS’. Berkat penampilannya yang epik dan memukau dengan suara lengkinganya yang luar biasa tinggi serta tampang yang tidak bisa dibilang biasa biasa saja, Dimash berhasil menjadi peserta dengan voting terbanyak. Tak berhenti disitu dimash kembali meraih voting tertinggi saat membawakan lagu di Opera 2 di episode kedua, dan Adagio di episode ke 6.

dimash saat membawakan SOS
Setelah kompetisi ini selesai, Dimash menjadi sangat terkenal di china dan telah mengisi banyak acara musik di sana. Puncaknya adalah saat dia berhasil meraih penghargaan Best Asian Singer China’s Top Music Award ( Setara dengan Grammy awardnya China) dan Pengharagaan Most Popular Overseas Singer di Tencent MTV Asia Music Gala. Video dibawah adalah Penampilan Dimash di MTV Asia Music Gala.



Tak hanya populer di China dan negara Asalnya, dimash juga punya banyak penggemar dari berbagai negara. Hal ini terbukti dengan banyaknya acara musik yang dimash hadiri di berbagai negara, seperti rusia, prancis, hongkong dan yang paling terbaru adalah Konser tunggalnya yang berlangsung di London pertengan November 2018 lalu.


Konser solo skala besar pertamanya Berjudul Bastau ( yang berarti awal, atau permulaan) di Astana, Kazakhstan 2017 yang menjadi penanda era baru bagi karir penyanyi berusia 24 tahun ini. Setelah konser pertama ini sukses digelar, dimash juga sudah menggelar beberapa konser lain, seperti D-Dynasti yang di adakan di china awal 2018 lalu dan beberapa konser lain. Nah, hingga saat tulisan ini saya buat, dimash sedang mempersiapkan konsernya di Rusia pada tanggal 22 Maret 2019 nanti.


Saya pribadi mulai mengenal dimash secara tidak sengaja. Waktu itu saya masih dengan santainya menikmati wifi kampus di jam kosong kuliah. Karena bosan, saya pun iseng mengetikan The Best Voice in the World pada kotak pencarian youtube.



Hasil dari pencarian itu memperlihatkan video dimash yang sedang menyanyikan Opera 2 yang dulu pernah dibawakan Oleh Vitas. Tak tanggung tanggung, dimash berhasil melahap lagu yang memiliki banyak nanda super tinggi ini dengan baik dan memukau. Sebagai orang yang sering sekali menonton acara semacam The Voice ataupun X Faktor dari berbagai negara, penampilan dimash sukses membuat saya melongo waktu itu.

Nah, dari situlah awal saya menjadi salah satu dari sekian banyak penggemar penyanyi dengan range vokal yang tidak biasa ini. Bagaimana menurut sobat?






Berikut adalah beberapa fakta tentang dimash yang saya kutip dari sebuah video di Youtube.

Biodata Pribadi

  • Nama kazakh : Dimash Qudaibergen
  • Nama chinese : Di Ma Xi ( dee ma shi)
  • Nama Rusia : Dimash Kudaibergenov
  • Lahir : 24 mei 1994 ( 24 Tahun)
  • Tinggi 191 cm / 6'3''
  • Asal : Akobe, Kazakhstan
  • IG : @kudaibergenov.dimash
Namanya banyak amat yak. Anyway gue baru tau kenapa Dimash kalau di China selalu dipanggil deemashi. Ternyata itu nama chinesenya,wkwkw.
  

Dengan badan menjulang tinggi, Dimash tampak selalu terlihat bak model. Hmm... apalah gue yang cuma 170, hiks.

Agama Dimash Kudaibergen

Untuk urusan agama atau religion, sebelumnya saya sangat kesulitan mencari tentang info ini. Untung saja beberapa waktu yang lalu instagram @dimash.indo mengupload foto Dimash di salah satu masjid di kazakhstan.


Sesuai keterangan di instagram tersebut, Foto ini diambil saat salah seorang Dears secara kebetulan bertemu dimash di mesjid Hazret Sultan pada januari 2017. Kala itu dimash datang bersama kakek dan neneknya sebelum akhirnya berangkat ke China untuk mengikuti kompetisi The Singer.

Saya juga pernah mendengar dalam sebuah video dimash mengatakan assalamu alaikum. So, udah jelas ya. Dimash itu beragama islam atau dapat dikatakan Dimash adalah seorang muslim.

Update : 

 
Ini adalah salah satu postingan terbaru Dimash setelah konsernya di Amerika beberapa waktu lalu.

Adapun arti dari caption foto ini adalah

Sahabat, Saya telah kembali terbang ke Kazakhstan. Kebahagiaan sesungguhnya adalah berada di rumah bersama keluarga dan teman sebangsa. Terimakasih atas semua ucapan selamatnya. Aku sangat bangga dengan negaraku. Jika Allah menghendaki, maka di masa depan aku akan kembali ke negaraku dengan membawa pulang piala Grammy. Love you 😘

Dalam tulisanny Dimash telah menyebut nama Allah. Maka dengan ini jelaslah sudah jika Dimash beragama Islam. Tak lupa kita doakan semoga impian Dimash tercapai, ya.

Keluarga

  • Ayah : Kanat
  • Ibu : Svetlana
  • Adik perempuan : Raushan 
  • Adik laki laki : Mansur


Keluarga inti Dimash terdiri dari 5 orang, yaitu Papa Kanat, Mama Svetlana, Dimash, dua adiknya.
Anyway Mereka semua ini berbakat dibidang musik loh. Malah Adik perempuanya, Raushan pernah berduet membawakan lagu All By Myself bersama Dimash.
dombra

Kalau si bungsu, saya nggak tau doi bisa menyanyi atau tidak. Tapi dalam sebuah video di IG dimash, mansur terlihat sangat mahir memainkan dombra, alat musik khas kazakhstan mirip gambus. Bahkan mungkin lebih mahir dari dimash sendiri.

Sejak Kecil dirawat Oleh Kakek dan Neneknya.

Di Kazakhstan, ada sebua tradisi yang disebut ''Returning the Son" dimana anak laki laki tertua akan dibesarkan oleh neneknya. Begitupun dengan Dimash.


Kakek dan neneknya tinggal bersama orang tua Dimash untuk membantu membesarkan cucuk laki laki pertama mereka sekaligus membantu Mama Sveta menyelesaikan studinya.

Hal inilah yang menyebapkan dimash amat sangat dekat dengan nenek dan kakenya. Bahkan dalam sebuah konser, dimash menyanyikan lagu ibu dalam bahasa Kazakhstan yang dia persembahakan untuk ibu dan neneknya sambil berlutut di atas panggung demi mengucapkan rasa cintanya kepada sang nenek.Videonya ada di sini.

Ayah dan Ibu

Ibu Dimash adalah seorang penyanyi opera, sementara ayahnya adalah penyanyi dan produser musik. Keduanya adalah figur yang sudah sangat terkenal di Kazakhstan.

Mulai belajar musik sejak usia 5 tahun

Ketika usia 5 tahun, dimash sudah mulai menunjukkan ketertarikannya dengan dunia musik. Hal ini pun disadari oleh kedua orang tuanya. Menanggapi hal tersebut, Dimash bercerita bahwa pada saat usia 5 tahun, ibunya setiap hari akan mengantar Dimash ke sekolah musik meski kaki mama sveta sangan sakit kala itu.

Dimash kecil

Nenek Dimash bercerita, pada suatu kesempatan guru musik Dimash menujukan beberapa nada dan meminta Dimash untuk mengulangnya. Ajaibnya, Dimash mampu mengenali dan mengulangi semua nada tersebut dengan benar.

Sang guru pun berkata kepada bahwa dimash memiliki sebuah kemampuan yang disebut Absolute Pitch. Absolute pitch sendiri adalah kemampuan untuk mengenali nada dari sebuah not atau kemampuan mengulangi not yang diberikan, disebut juga perfect pitch.

Hmmm... emang udah berbakat dari kecil ya ternyata. Pantas aja gedenya makin hebat.

Pendidikan


Zubanov Music College (Classical Vocal)
Kazakh National University of Arts (Art of Stage Performance/Variety Vocal Master of Composition

Bahasa

Bahasa asli : Kazakh dan Russian
Sedang belajar : English dan Chinese

Setidaknya ada 13 bahasa dari lagu lagu yang penah Dimash nyanyikan, yaitu:
  • Kazakh
  • Turkish
  • Uzbek
  • Russian
  • Ukrainian
  • Serbian
  • Bulgarian
  • Chinese
  • Italian
  • Spanish
  • French
  • English
  • German
Fyuh, panjang juga ya daftarnya. menariknya, makin kesini dimash semakin fasih dalam hal pronounciation atau kosa kata dalam menyanyikan lagu lagu asing tersebut. Dimash memang sering sekali menyanyikan lagu dengan bahasa yang berbeda beda. Lagu S.O.S yang berbahasa Prancis misalnya.





Range Vokal (Jangkauan suara)

Berdasarkan penampilannya di hadapan publik :
E2 : "The Love of Tired Swans" ( ini lagu nadanya rendaaah banget)
D8 : "Unforgetable Day" (Tepatnya di Gaku Concert, dimana dimash suara dari not ini mirip seperti mic yang berdenging. Keren deh. Nonto videonya di sini.



Ini berdasarkan penampilan live ya, di saat sesi latihannya pasti lebih luas lagi.Dibawah ini adalah ilustrasi dari Range vokal Dimash. Kebayang nggak tuh. Soprano aja lewat.


Fu Lin, Presiden dari Asosiasi Musisi Pop China saat ditanyai mengenai pendapatnya tentang Dimash, berkata : 

Pertama, transisi antara nada tinggi dan rendahnya sangat halus, tanpa cela. Kedua, dia punya kelincahan (agility) vocal yang luar biasa dengan membuka dan menutup saluran suaranya. Dan jangan lupakan teknik pernapasannya- menahan dan melepaskan. Dia sudah mencapai lever Tehnik manusia super. Tak hanya sekedar teknik, dia juga tahu bagaimana merepresentasikan sebuah lagu.

Pujian yang luar biasa dari seorang yang suah sangat ahli di bidangnya tentu menunjukan bahwa Dimash memang buka penyanyi biasa.

Oh iya, range vocal Dimash ini juga sudah dibahas oleh salah satu guru vokal ternama asal Indonesia yaitu coach Indra Aziz. Beliua adalah guru vokal dari artis ternama seperti Agnezmo, afgan, rosa, dll. Jika kamu penasaran dengan videonya, kamu bisa tonton di bawah.

Pandai Mencipta Lagu

Dimash menulis sendiri beberapa lagunya yaitu:
  • Korkemim (My Beauty)
  • Unforgettable Day
  • War and Peace

Piawai Bermain Instrumen


Dimash  bisa memainkan beberapa alat musik. seperti Dombra, Piano, dan Drum

Bisa Menari


Meski jarang, tetapi Dimash pernah beberapa kali menari di konsernya sendiri. Dimash jarang si menari kalau di show tertentu. Seringnya hanya di konser solonya saja.

Impian

I want to show the culture of Kazakhstan in front of the world
Dimash yang dalam setiap konsernya tak pernah meninggalkan atribut tradisionalnya, memiliki impian untuk membawa kebudayaan kazakhstan di hadapan dunia. Sungguh warga negara yang sangat baik.


Saya pribadi tidak tahu apa itu negara kazakhstan sampai ketika dimash muncul di tengah tengah keisengan saya berselancar di youtube. Sekarang, saya hampir tau seperti apa budaya kazakh dan kota yang dimilikinya.

Masih Single Hingga Sekarang

Muda, sukses, dan rupawan. Kelebihan ini tentu akan membuat Dimash mudah menemukan perempuan yang tertarik padanya. Namun faktanya, hingga kini Dimash masih single dan belum memiliki pacar apalagi istri.

Sebenarnya ini merupakan kabar baik untuk para Dears, sebab dari yang saya perhatikan, para fans Dimash ini akan kejang-kejang jika melihat perempuan yang mendekati atau berinteraksi dengan Dimash.

Apakah kamu adalah tipe Dears posessif juga?


Astana, Kazakhstan

Oke, jadi itulah beberapa hal tentang Dimash Kudaibergen yang bisa saya sampaikan. Oh iya, untuk sumber dari fakta fakta di atas, kamu bisa melihatnya di sini.

Sebenarnya masih banyak hal bisa dieritakan tentang Dimash. Tapi karena postingan ini sudah amat kepanjangan, mungkin akan saya tulis di postingan lain.

Jika sobat masih penasaran tentang penyanyi ini, silahkan kunjungi instagrammnya di @Kudaibergenov.dimash atau silahkan tonton video videonya di youtube. Have a nice day!

Oh iya, jika kamu ingin terhubung dengan Dears lain di seluruh indonesia, kamu bisa follow Instagram FC IDWL (Indonesian Dears With Love) di @indonesian_dears

Baca Juga : Foto-Foto Masa Kecil Dimash Kudaibergen
 
Update Desember 2020
 
Heheh setelah kembali membuka blog, saya sadar bahwa ternyata masih banyak yang membaca tulisan ini. Maka dari itu saya mau menambahkan sedikit update tentang Dimash.

Pernah Berduet dengan Penyanyi Indonesia Rimar Callista.

 
Kalian tau Rimar? Rimar tahun ini tengah mengikuti salah satu ajang penyanyi terbesar di Indonesia yaitu Indonesian Idol. Saat tulisan ini saya buat Rimar sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Babak Final Showcase. Jika berhasil melewati babak ini maka dia bisa masuk ke Spekta. 
 

Saya kenal dengan Rimar karena pernah sama sama bergabung di Grup Whatsapp Dears Indonesia dan dia sempat bilang bahwa dia pernah membaca tulisan di blog ini saat pertama kali mengenal Dimash. Meski sekarang sudah tidak sama sama di grup lagi, namun kami masih tetap saling membalas komentar di Instagram. Bahkan saling follow juga wkwk.

Balik ke topik,  awal mula Rimar bisa berduet dengan Dimash adalah ketika Rimar dan kalau nggak salah FC Dears Indonesia juga memposting video Rimar sedang mencover lagu Unforgettable Day. Oh iya Rimar ini juga adalah Dears garis keras, ya wkwk. Kualitas gambarnya nggak terlalu bagus tapi suaranya sangat bagus dan sangat bekarakter.

Hingga tidak lama kemudian pada tanggal 27 Juli 2019 Dimash melihat postingan ini dan merepostnya di Instagram dengan caption yang berisi pujian bagi Rimar. 
 

Penyanyi muda asal Indonesia dengan suara yang sangat indah. Gadis yang sangat cantik dan bertalenta. Bravo. Tuhan memberkatimu 👍👍👍
Keajaiban tak berhenti di situ. Selang beberapa waktu yaitu tanggal 20 Oktober 2019, Rimar dipanggil secara langsung oleh Dimash untuk hadir dan tampil di salah satu seri Konser Arnau yang waktu itu diselenggarakan di Rusia tanggal 29 November 2019. Dimash sempat menulis ini di Instagramnya seperti berikut.

Mungkin beberapa di antara kalian masih ingat ketika saya memposting video gadis berbakat asal Indonesia ini. Saya telah menonton beberapa penampilannya dan ingin melihat apakah dia mampu tampil menyanyi di panggung yang besar. Hal ini akan terwujud di konser solo saya di Russia di kota St. Petersburg. Sampai ketemu di sana Dears.
Di konser itu Rimar tampil di lagu ke 9 dengan membawakan lagu ciptaan Dimash sendiri, lagu yang sangat berkesan bersama Dimash. Meski dengan berbagai kendala yang ada (tidak sempat briefing, pertama kalinya tampil di konser sebesar itu apalagi berduet dengan idola sendiri, tidak adanya earphone untuk rimar, dll) Rimar mampu menampilkan usaha terbaiknya dan mengimbangi sang idola Dimash Kudaibergen.
 


Jujur saya sangat terharu dan tidak bisa membayangkan berada di posisi Rimar. Betapa besar tekanan yang pasti dihadapi. Bayangkan saja kamu menyanyikan lagu dengan bahasa yang bahkan tidak pernah kamu pelajari sebelumnya, dinonton oleh orang dari puluhan negara (penonton konser Dimash selalu dihadiri oleh penonton dari banyak negara) dan berada di negara asing pula. Sungguh hal yang sangat tidak mudah.

Jika kamu penasaran dengan penampilan mereka berdua, kamu bisa nonton di video di bawah. 
 

Dan ini adalah beberapa momen Dimash dan Rimar di atas panggung.


rimar bersama ibu, adik laki laki dan dimash sendiri

Foto berharga rimar yang sampai saat ini masih jadi lockscreen hapenya wkwk
Saya sangat senang di setiap video Rimar di Indonesian Idol ada banyak sekali yang berkomentar tentang duet mereka. Dengan tren seperti ini, bukan tidak mungkin Rimar bisa menjadi jalan pembuka Dimasih untuk bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Kita doakan saja.

Untuk itu, jangan lupa untuk selalu vote Rimar di Indonesian Idol, ya. Kita dukung Rimar sampai menjuarai Indonesian Idol 2021.

Mungkin itu saja dulu. Nanti postingan ini saya tambahkan lagi wkwkw. Sampai Jumpa dan jangan lupa kunjungi lagi postingan ini untuk membaca beberapa hal baru yang saya tambahkan.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

39 comments for "Mengenal Dimash Kudaibergen, Penyanyi Bersuara Merdu Asal Kazakhstan"

  1. Wah... selamat ya menjadi bagian Dears Indonesia...
    Nih ada link yg bagus sbg referensi tambahan ttg Dimash...
    https://youtu.be/sHwoTjhtKNo

    ������ from one of dears indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya🙂. Terimakasih untuk video dan kunjungannya ya.

      Delete
    2. Saya sudah nonton videonya dan sangat berterimakasih. Postingan ini akan saya lengkapi lagi dengan Info dari video tadi🤗

      Delete
  2. Ak yg bljr nyanyi sm kek dy sjk 5 thn aj kalah dari Dimash. Pokoknya dabest laaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. The best lah dia. Emang bakatnya besar banget. Mungkin faktor gen dari orang tua juga kali yak?

      Delete
    2. Kalau mbaknya sekarang masih serius nyanyi atau nggak?

      Delete
  3. Thanks buat infonya,aku baru ngefans dimash setelah The world's best hehehe,sebelumnya lebih suka Daneliya Tuleshova...
    Tolong dong besok" bahas tentang Daneliya Tuleshova🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh.. selamat datang di keluarga dears Indonesia. Saya juga suka daniyela sejak di The voice.

      Kalau tidak ada halangan akan saya coba bahas tentang dia di blog ini😊

      Delete
  4. Dimash emang the best'makasi infonya dan postingannya'mantaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama dan terimakasih banyak😂. Senang bisa berbagi tentang penyanyi muda penuh talenta ini.

      Delete
  5. As-salāmu ʿalaykum is a greeting in Arabic that means "Peace be upon you". The salaam is a religious salutation among Muslims when greeting, though it is also used by Arabic speakers of other religions, including Arab Christians. Wikipedia

    ReplyDelete
  6. Asalamu'alaikum.... terimakasih mas la sidin udah bisa dapet info agamanya, aku dah lama curiga kalo dimash itu muslim.... cuma info pastinya baru dapet sekarang.... senang rasanya krn dimash itu santun, aku ngefans banget sama dimash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam. Sama sama. Memang karakter Dimash sangat istimewa. Sangat santun dan menghargai orang lain.

      Delete
  7. Assalamu'alaykum terima kasih infonyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam. Sama-sama. Senang bisa berbagi ke sesama Dears Indonesia.

      Delete
  8. I am happy that you wrote about him.. he is.. so many things..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Glad to know that. Sayapun sangat enjoy ketika menulis ini, dan sejujurnya tulisan ini belum(sangat) cukup menggambarkan semua tentang Dimash. Seperti yang anda katakan, he is so many things

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya saat itu udah menduga kalao Dhimas memang musilm. Terlihat dari teknik vocal saat bawa lagu Hello dari Lionel Richie. Teknik Vocal nya kaya orng sedang Azan, teknik pernafasan perut kaya orang lagi ngaji.

      Delete
    2. Dan ternyata tebakannya benar ya :)

      Delete
  10. Ketika membaca artikel ini sekitar akhir tahun 2019 saya lagi suka2nya SOS Dimash. Lalu saya browsing. Jadi penggemar hanya karena setiap concert mengucap salam khas muslim. Eh, malam ini browsing lagi, baca artikel ini udah banyak tambahannya. Sukses buatmu mas penulis 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh. senang mendengarnya. Terimakasih untuk doa dan sudah setia membaca tulisan ini.

      Delete
  11. di update lagi donk ttg lagu2-nya dimash...
    semoga sukses selalu....

    ReplyDelete
  12. makasih kak udah ngeshare byk hal tentang Dimash, sangat membantu banget buat dears baru yg pengen tau lebh byk tentang Dimash kaya aku.

    Aku tau Dimash baru2 ini gara2 waktu nonton videonya Rimar ada yg bilang Rimar pernah duet sama alien (Dimash) hehee, aku penasaran deh knp dijuluki alien ternyata stl liat videonya coach Indra dia emg manusia super sih,

    semoga aja Indonesia bisa lebih mengenal Dimash, sukur2 kalo ada acara2 musik bisa ngundang Dimash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama. Terimakasih sudah mampir di blog ini :)

      Aamiin, semoga saja bisa suatu hari nanti.

      Delete
  13. Sangat mudah mencerna tulisan ini. Thanks for sharing all about dimash. Terus update ttg dimash ya hehehe

    ReplyDelete
  14. Senang banget bacanya, penuh informasi terus akurat juga. Thanks huhu��

    Ngomong-ngomong gara-gara Dimash aku jadi pengen ke Kazakhstan dan bisa bicara pake bahasa mereka juga :( aku juga pengen suatu hari nanti bisa ikut konsernya��. Doain ada uang ya haha

    ReplyDelete
  15. Aq tau dimash jga karna rimar, gk sengaja jga sih pas denger lagu rimar waktu dan perhatian di radio akhirnya cari lah lgunya di youtube
    Ehh taunya dia juaranya idol 2021😂 monmaaf jrng liat tv jdi nggak tau😁
    lahh dri situ akhirnya kepo dong sma rimar trus liat lah coveran rimar yg your love😁 lah kok enak lagunya akhirnya dri situ tau dimash😂 wkwkw dan sekarang mlah jdi suka krna suaranya yg luar biasa🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaampun wkwkwk. Terimakasih sudah sharing cerita sampai bisa tau Dimashnya, ya.

      Delete
  16. Good Blog..
    Nice.. Semoga segera sikses Blog nya.

    ReplyDelete
  17. Thank you for this excellent piece of writing.

    ReplyDelete