Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan Bidikmisi Cair 2019





Assalamu 'alaikum.

Menjawab petanyaan yang sering dilontarkan oleh pengunjung blog ini mengenai kapan bidikmisi cair 2019, maka potingan ini saya buat untuk menginformasikan hal ini.

Pada dasarnya, pencairan bidikmisi semster genap 2019 sama seperti tahun sebelumnya, yaitu sekitar bulan Maret dan September. Namun waktu pencairan ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah cepat atau tidaknya pengurus bidikmisi di kampus sobat mengirimkan surat permohonan serta cepat atau tidaknya pihak pusat memproses permohonan tersebut.

Tiap semesternya, pengurus bidikmisi masing masing kampus akan mengirimkan nama nama mahasiswa (Surat Permohonan) yang akan menerima dana bidikmisi ke pengurus pusat. Nah, untuk jadwal pengiriman data ini semester genap, biasanya dimulai bulan februari hingga maret. Sementara Semester ganjil dimulai dari bulan agustus hingga sepetember.

Untuk mengetahui cara mengecek kapan surat permohonan kampus sobat terkirim, lihat di sini.

Di bawah ini adalah contoh hasil pengecekkan yang saya lakukan.

Permohonan 2019

Pada keterangan ini terlihat bahwa surat permohonan terkirim pada tanggal 21 Februari 2019. Jika menghitung jarak antara permohonan sampai ke pencairan bidikmisi yang memakan waktu kurang lebih 30 hari kerja, maka dana bidikmisi saya seharusnya cair sekitar tanggal 23 Maret 2019.

Sebagai perbandingan, di bawah ini adalah surat permohonan kampus saya 2018 lalu.

Permohonan 2018

Dapat sobat lihat bahwa surat permohonan tahun lalu terkirim tanggal 20 Februari 2018. Sementara waktu pencairannya adalah tanggal 23 Maret 2018.  Jarak dari permohonan ke pencairan adalah 31 hari (lebih sehari dari estimasi).

Pencairan 2018

Dengan melakukan pengecekkan seperti ini, sobat sudah bisa memprediksi kapan kiranya dana bidikmisi sobat akan cair. Jadwal pencairan tiap kampus berbeda beda tergantung dari poin yang saya sebutkan di awal. Bahkan untuk kampus yang sama pun, jadwal untuk tiap angkatannya bisa saja berbeda (seperti di kampus saya).

Baiklah semoga artikel ini bermanfaat dan tetap sabar dalam menunggu pencairan bidikmisi ya!




Update 19 Maret 2019 :


Alhamdulillah, setelah menunggu hampir sebulan sejak proses permohonan, hari ini tanggal 19 maret 2019 dana bidikmisi saya telah cair dengan nominal Rp.4.200.000,-. Di bawah ini adalah tanggal proses instruksi pencairan yang saya cek di sipbesar

instruksi pencairan tanggal 14 maret
Dari foto di atas, di ketahui bahwa proses instruksi pencairan telah masuk sejak tanggal 14 maret lalu. Barulah 5 hari kemudian dan tersebut cair.





Jika dihitung sejak permohonan, maka jawak antara cairnya dana dengan proses permohonan adalah 26 hari, atau empat hari lebih cepat dari asumsi saya.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

7 comments for "Kapan Bidikmisi Cair 2019"

  1. Enggak juga universitas saya permohonan 29 maret sekarang udah tanggal 3 mei belum juga cair udah terlalu ngaret ini dari prediksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang nggak selalu sesuai prediksi gan. Banyak faktor juga yg mempengaruhi

      Delete
  2. Kampus ku permohonannya tgl 27 Februari dan cairny 14 Maret 2019.. cuma 15 hari aja 😊

    ReplyDelete
  3. Mas sy di sibbesar dah ngisi nama PT, nim sma no rekening ko selalu ada tulisan data tidak ditemukan ya 🤔, udah semster 5 ini tapi dananya ttp cair, cmn aku nggk bisa liat prosesnya di sibbesar itu, setiap laporan ipk ke kampus juga nggk pernah absen ttng bidikmisi

    ReplyDelete
  4. nah bagaimana dengan kampusku yang bidik misi untuk semester 5 belum cair sampe skrang. dri bulan 9 smpe bulan 11 skrang masih menunggu

    ReplyDelete
  5. Pernah terjadi ga sih kasus uang Bidikmisi nya ga cair-cair?
    Solanya kampusku udh telatnya 3 bulan yg harusnya cair September bahkan saapi akhir
    November skrg d sip besar masih aaj permohonan ga ada perkembangan sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kampusku dulu pernah telat juga sampai 3 bulan lebih. Semoga kampusmu bisa cair secepatnya, ya.

      Delete