Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Ukuran / Skala Objek atau Gambar Pada AutoCad

Assalamu alaikum.

Dalam menggambar di autocad, tak jarang kita perlu mengatur ukuran sebuah objek atau gambar. Hal ini biasanya ditujukan untuk objek pendukung yang disisipkan seperti pohon dan perabot serta objek pendukung lain.

objek sisipan berupa pohon pada autocad

Saat kita menyisipkan gambar diatas, umunya ukurannya blm sesuai dengan gambar kerja yang kita buat. Oleh karena itu, sobat perlu mengatur ukuran atau skala dari objek tersebut dengan menggunakan perintah Scale.

Dalam tutorial ini, kita akan mengubah ukuran dari objek tadi tadi secara fleksibel tanpa harus memasukan nilai skala tertentu. Tanpa panjang lebar lagi, silahkan ikuti tutorialnya di bawah.

#1. Blok objek yang akan dirubah ukurannya. (di sini saya mengambil contoh pohon)

#2. Tekan perintah SC lalu enter pada keyoard untuk menjalankan perintah Scale

masukkan perintah scale

#3. Klik bagian ujung objek pohon tadi kemudian tekan R lalu enter.

klik ujung pohon lalu menekan R

#4. Klik kembali bagian ujung tadi dan ujung lain yang saling berhadapan lalu tarik sampai mencapai ukuran yang diinginkan, entah itu diperbesar atau diperkecil.

Klik kedua ujung objek

tarik sampai mencapai ukuran yang diinginkan

#5. Klik kembali jika sudah mencapai ukuran yang diinginkan.

Nah, sekarang sobat sudah punya pohon dengan ukuran yang diinginkan. Jika sobat ingin diameter pohon dengan lebar tertentu (misalnya 4 meter), sobat bisa membuat garis sepenjang 400 cm lalu meletakannya di tengah pohon tersebut.

buat garis di tengah objek

Kemudian lakukan kembali cara 5 langkah di atas dengan menggunakan garis bantu tadi sebagai acuan. Bagaimana? Mudah bukan?

lakukan kembali 5 langkah di atas

Terimakasih sudah membaca tutorial ini. Jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar jika sobat punya pertanyaan dan selamat belajar!
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "Cara Mengatur Ukuran / Skala Objek atau Gambar Pada AutoCad"