Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HP Xiaomi Sobat Tidak Bisa Lagi Menginstal Aplikasi? Begini Solusinya.


Assalamu alaikum.

Terimakasih sebelumnya sudah membuka postingan ini.  Di postingan kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman yang saya alami beberapa waktu lalu, yaitu hp xiaomi yang tidak bisa lagi menginstal aplikasi dengan alasan memori internal penuh.

Saya yakin banyak di antara kalian yang mengalami hal serupa walaupun jumlah aplikasi yang terpasang sebenarnya tidak banyak. Ini cukup membuat saya frustasi karena jika melihat jumlah memory bebas di bagian pengaturan, masih banyak ruang atau spase kosong yang belum digunakan.





Hamir semua usaha telah saya lakukan untuk membebaskan memory yang ada. mulai dari memindahkan semua file foto dan video ke kartu memory, sampai melakukan pembersihan sampah lewat aplikasi bawaan xiaomi.

Namun hasilnya nihil. Saya masih belum bisa menginstal aplikasi lagi dengan notifikasi memory tidak cukup.

Kita ketahui bersama bahwa hape xiaomi tidak memperbolehkan kita memindahkan aplikasi ke kartu memory. Alasanya adalah agar kinerja aplikasi tidak mengalami gangguan.

Lalu bagaiman cara mengatasi masalah ini?




Solusinya adalah menguninstal pembaruan aplikasi. Cara ini terbilang ampuh untuk membebaskan memory internal Hape Xiaomi redmi 5A saya. Dan setelah menerapkan cara ini, saya pun bisa kembali menginstal beberapa aplikasi yang saya butuhkan di playstore.

Bagaimana langkahnya?

#1. Buka Setelan


#2. Pilih Aplikasi Terinstal pada bagian Setelan Aplikasi


#3. Carilah aplikasi yang memakan ruang besar. Saya ambil contoh disini adalah aplikasi File Manager yang memakan memori 17MB. Sebenarnya banyak aplikasi lain yang memakan memory lebih besar seperti google foto dsb, tetapi karena saya sudah membersihkannya, maka saya menggunakan File Manager ini sebagai Contoh.


#5. Lihat menu yang ada di bawah. Jika terdapat pilihan Uninstal Pembaruan, berarti sobat bisa menghapus memory yang dimakannya tanpa kehilang aplikasi itu sendiri.



#6. Pilih Uninstal Pembaruan dan klik Ok pada pop up yang muncul. Sekarang memory yang dimakan oleh File Manager adalah 8,19KB saja.


#7. Sekarang  silahkan cari aplikasi lain yang memiliki opsi Uninstal Pembaruan dan ulangi langkah 6 tadi. Lakukan sampai benar benar tidak ada aplikasi yang memiliki opsi uninstal pembaruan lagi.

Setelah melakukan langkah di atas, cobalah menginstal aplikasi di playstore dan lihat apakah kini sobat bisa menginstal aplikasi lagi atau tidak.

Cara di atas merupakan cara yang saya lakukakan sendiri dan memang terbukti berhasil pada hp xiaomi milik saya.
 
Saya harap tutorial ini bermanfaat untuk sobat.Jika sobat menemui kesulitan, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Have a nice day and see you.
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "HP Xiaomi Sobat Tidak Bisa Lagi Menginstal Aplikasi? Begini Solusinya."