Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[komik] Pohon dan Arsitektur


Pohon adalah salah satu tanaman terpenting yang ada di muka bumi ini. Mahluk ciptaan-Nya ini memiliki peranan yang sangat vital dalam kelangsungan hidup manusia. Tumbuhan hijau ini berperan sebagai sumber oksigen utama manusia dan hewan.

Kandungan zat hijau daun pada pohon membuatnya mampu melakukan fotosintesis yang kemudian melepaskan oksigen ke udara bebas. Hasil dari fotosintesis inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh mahluk hidup lain.

Selain menjadi sumber oksigen, pohon juga menjadi sumber makanan banyak maluk hidup termasuk manusia. Batangya bisa digunakan untuk keperluan bahan bangunan, perabot, kayu bakar, dan masih banyak lagi. Bisa di bayangkan bukan apa jadinya dunia ini tanpa tumbuhan ini??

Di bawah ini ada komik karya Leewardist tentang apa yang orang orang dari berbagai kalangan  pikirkan saat melihat pohon. Komik ini sebenarnya dibuat saat memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November. Tapi karena saya lagi kehabisan ide tulisan (heheh), maka komik ini saya upload sekarang.

Check this Out!!

 1. Orang Biasa Melihat Pohon

 

 2. Anak Anak Melihat Pohon 

 

3. Aktivis Melihat Pohon

 

4. Developer Real Estate

 

 5. Tukang Tebang Pohon

 

 6. Arsitek Melihat Pohon


Dalam arsitektur sendiri, pohon tidak akan pernah bisa lepas dari konsep desain kita. Pohon selalu menjadi material utama yang harus ada pada ruang luar sebuah desain bangunan atau taman.

Dalam beberapa desain arsitektur yang menerapkan prinsip bioklimatik, pohon dibuat seperti menyatu pada bangunan. contohnya adalah gedung Solaris Tower karya Arsitek ternama Ken Yeang yang telah mendapat banyak penghargaan. (Dalam waktu dekat saya akan mengpload tugas jurnal saya yang membahas gedung hijau ini).

Solaris Tower, Singapura

Dalam mendesain landscape atau ruang luar dari bangunan, Pohon bisa digunakan sebagai barier atau pemecah angin. Tahukah kamu apa fungsi pohon di sepanjang jalan terutama jalan yang berada di samping laut? Fungsinya selain sebagai peneduh, pohon tersebut juga berfungsi sebagai pemecah angin yang menghantam jalan raya.

Begitupun pada bangunan. pohon dapat digunakan sebagai pemecah angin agar angin tidak langsung  menghantam bangunan.


Selain fungsi pemecah angin, pohon juga bisa digunakan sebagai pereduksi kebisingan terutama dari kendaaraan bermotor. Dengan menempatkan pohon pada sumber noise atau kebisingan tinggi, intensitas kebisingan akan berkurang sehingga tidak mengganggu aktivitas penghuni bangunan.

Sebenarnya pembahasan mengenai pohon dan tanaman lainya akan sobat dalami melalui salah satu mata kuliah yang bernama Perancangan Ruang Luar di semester 5. Di mata kuliah ini fokus utamanya adalah bagaimana merencanakan ruang luar yang baik dan dapat mendukung fungsi dari bangunan maupun aktivitas di tempat tersebut.

Tugas yang sedang saya kerjakan sekarang adalah mengenai jenis jenis tanaman yang biasa digunakan pada taman atau halaman dan gambar tampak atas dan samping dari beberapa jenis tanaman tersebut. Oh iya, gambarnya dikerjakan secara manual di atas kertas A3. Saya akan menguploadnya di sini jika tugasnya telah selesai.

Itulah postingan mengenai pohon dan arsitektur. Jangan ragu untuk berkomentar di bawah dan sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "[komik] Pohon dan Arsitektur"