Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambah Toolbar Pada SketchUp


Assalamu 'alaikum.

Sketchup adalah salah satu aplikasi menggambar 3D buatan oleh Google yang memiliki kelebihan dari segi kemudahan dalam penggunaan.

Nmun meski  mudah digunakan, akan tetap ada pemula yang merasa kebingungan ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini. Salah satunya adalah memunculkan dan menghilangkan toolbars.

Toolbar baris ikon yang melambangkan perintah tertentu yang biasanya dikelompokkan dalam beberapa kategori. Misalnya toolbars view, camera, geting started, layer, measurement, dan lain sebagianya.


Memunculkan dan Menghilangkan Toolbars di SketchUp

1. Buka aplikasi SketchUp. Di tutorial ini sendiri saya menggunakan SketchUp 2019. Sebenarnya masing-masing versi hampir tidak ada perbedaan si. Jadi tutorial ini bisa kamu gunakan di versi sketchup apapun.

2. Klik menu "Views > Toolbars"



3. Tambahkan tanda centang (✔️) pada toolbar yang ingin dimunculkan dan silahkan hilangkan tanda cantang pada toolbar jika ingin menghilangkan toolbar tersebut dari layar kerja.


Sebenarnya kalau kamu sudah mahir menggunakan sketchup, maka kamu sudah tidak terlalu membuatuhkan banyak toolbar lagi. Kamu tinggal mengingat shortcut dari masing masing perintah. Atau kamu juga bisa membuat shortcut sendiri untuk perintah yang sering kamu lakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jika kamu punya pertanyaan atau tanggapan seputar postingan ini, silahkan tuliskan di kolom kementar yang ada di bawah, ya!


La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "Cara Menambah Toolbar Pada SketchUp"