Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merubah Unit atau Satuan Pengukuran Pada SketchUp

Cara mengubah satuan sketchup

Update : April 2024

Terkadang kita lebih terbiasa menggunakan unit cm dalam menggambar di aplikasi menggambar. Namun, jika melihat  pilihan template default sketchup, tidak ada pilihan template dengan unit atau satuan cm.

Di sini kita akan mempelajari cara merubah m ke cm di sketchup. Cara ini juga bisa merubah inci ke cm di sketchup, tergantung dari template yang digunakan apakah dalam meter atau inci.


Untuk melakukannya, kamu perlu melakukan pengaturan sebagai berikut

Mengubah Satuan SketchUp ke Centimeter

1.    Klik menu Windows lalu pilih Model Info untuk memunculkan jendela Model Info

Cara mengbah unit sketchup

2.    Pada jendel Model Info, klik Units

Cara mengbah unit sketchup

3.    Ubah pengaturan sesuai gambar di atas. Format menggunakan Decimal, cm. Pada precision isi dengan angka 0 untuk memudahkan proses menggambar.

Pengaturan ini hanya akan berlaku pada file yang sedang dibuat. Sehingga saat membuat file baru, kamu perlu mengulangi cara di atas.

Oh iya, jika kamu pengguna SketchUp yang lebih baru (misalnya versi 2019 seperti yang saat ini saya gunakan selama beberapa minggu ini) kamu bisa dengan mudah memilih unit atau satuan secara bebas ketika pertama kali dibuka seperti berikut.
 
memilih satuan pengukuran di sketchup
 
Kamu tinggal pilih satuan mana yang ingin kamu gunakan.

Terimakasih sudah membaca tutorial mengubah satuan sketchup di blog ini. Jika kamu punya pertanyaan atau tanggapan lain, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga harimu menyenangkan dan selamat bermodelling ria di sketchup!

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "Cara Merubah Unit atau Satuan Pengukuran Pada SketchUp"

  1. Misal di model info 3 cm.tapi yg di inginkan 30 cm apakah di layout akan muncul notasi 30 cm

    ReplyDelete
  2. Thanks for your information, it's usefull for me....

    ReplyDelete