Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang Akan Kamu Alami Saat Menjadi Mahasiswa Bidikmisi


Gosshh… it's been a long time ago since I updated previous post. Hampir dua bulan saya hibernasi. Belakangan ini saya benar-benar disibukkan dengan tugas kuliah yang tiada habisnya. Nah, karena sekarang Jadwal kuliah saya tinggal sedikit, maka saya menyempatkan diri untuk menulis lagi. Kali ini tentang bidikmisi. Cekidoott.

Di zaman yang makin maju ini, hampir tidak ada lagi alasan bagi seseorang untuk tidak melanjutkan kuliah di jenjang universitas. Banyak beasiswa bertebaran untuk menunjang kehidupan perkuliahan. Baik itu membayar UKT, buku, maupun biaya kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa.




Di antara beasiswa yang ada, saya termasuk mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Beasiswa bidikmisi adalah salah satu beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu secara ekonomi untuk dapat melanjutkan pendidikan di jenjang universitas. Dengan adanya beasiswa ini, alasan ekonomi untuk tidak kuliah tapaknya harus mulai dihapus dari daftar permasalahan kalian.

Berikut beberapa hal yang mungkin akan kamu alami saat menjadi mahasiswa bidikmisi.




1. Mengurus berbagai berkas untuk keperluan pendaftaran

Saat memutuskan mendaftar bidikmisi, kamu akan dihadapkan pada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat utama agar diterima di beasiswa ini adalah tidak mampu secara ekonomi, atau bahasa kasarnya dari keluarga miskin. Kalian akan diminta mengisi berbagai formulir yang berisi biodata, kondisi ekonomi dan lain sebagainya.

Isilah jawabannya dengan jujur. Jangan mengada-ngada. Karena tiada niat baik yang dilakukan dengan cara buruk. Usahakan selalu mengisi data data yang diminta sesuai dengan kondisi keluarga sebenarnya.

2 Mengikuti wawancara

Apabila berkas kamu dinyatakan lolos, maka tahap selanjutnya adalah wawancara. Wawancara ini berisi pertanyaan-pertanyaan tentang data yang pernah kamu masukan dalam formulir.

ada beberapa pertanyaan yang menurut saya lucu. Seperti, "pernahkan anda pacaran?" atau "apakah saat ini anda memiliki pacar?" Jika kamu menjawab iya, maka bersiap-siaplah diberi nasehat tentang larangan berpacaran, dampak negati pacaran, dan sebagainya.

Sebenarnya mahasiswa bidikmisi dilarang berpacaran. Namun, sepertinya larangan ini seperti angin lalu bagi mahasiswa. Sebenarnya larangan ini tujuannya baik. Kita didorong agar lebih memntingkan studi daripada urusan asmara yang kadang dapat mengganggu konsentrasi belajar dan berimbas pada buruknya nilai kita.

3.Mendapat Uang Transpor

Keuntungan menjadi mahasiswa rantau adalah kita akan mendapat uang transport jika dinyatakan lolos bidikmisi. uang transpor ini dimaksudkan untuk mengganti uang yang dikeluarkan saat menempuh perjalanan dari kota asal ke tempat studi. Uang transport ini hanya ditujukan bagi mahasiswa yang jarak tempat tinggalnya 100 km dari universitas (kalau saya tidak salah).


4. Diasramakan

Khusus UHO, mahasiswa bidikmisinya diberi asrama untuk tempat tinggal selama kurang lebih 6 semester, yang terdiri atas dua jenis, yaitu asrama dalam dan asrama luar baik untuk mahasiswa laki-laki maupun mahasiswa perempuan. Pengecualian untuk mahasiswa UKT nol

Ada banyak suka dan duka menjadi anak asrama. Sukanya adalah kita tidak perlu lagi memikirkan tempat tinggal, dapat berkumpul dengan teman teman sejurusan, dan mengenal mahasiswa dari jurusan lain.

Selain itu, beruntunglah jika kamu mendapat asrama dalam ataupun asarama yang dekat dengan kampus. Hal ini akan menghemat ongkosmu ke kampus. Berbeda dengan mereka yang mendapat asrama yang agak jauh dari kampus. Mau tidak mau mereka harus mengeluarkan ongkos untuk pergi dan kembali dari kuliah.




Tantangan tinggal dalam asrama adalah kamu harus menyesuaikan diri dengan teman-teman sekamarmu. Namun, hal ini tidak terlalu berat, mengingat teman sekamarmu nanti berasal dari jurusan yang sama.

Dalam satu kamar biasanya dihuni oleh 2-4 orang. Saya sendiri diasramakan berasama dua orang teman dari sesama jurusan arsitektur. Banyak sekali sebenarnya manfaat yang bisa kamu dapat dari sistem ini. 

Update 2020: Saat ini setahu saya mahasiswa diasramakan hanya selama 12 bulan atau dua semester saja.



5. Memperoleh ketring pagi dan malam

Ada waktu yang sangat disukai oleh anak asrama. Yaitu saat pagi dan malam.  Di dua waktu ini kamu akan diberi makanan yang lumaya bergizi dan tentu mengenyangkan.

Namun jangan pernah mengharap makanan sekelas Restoran atau rumah makan. Makanan yang disajikan adalah makanan rumahan namun cukup bergizi. Makannya diantar oleh kurir yang memang memiliki tugas mengantar makanan.

Mengenai ketring ini, ada saat saat kamu akan diberi menu spesial. Menu yang cukup dinanti oleh penghuni asrama. Menu ini tidak setiap saat ada, hanya seminggu sekali misalnya. Ketring ini tidak selamanya ada, hanya sekitar 6 bulan.

Kalau boleh jujur, masalah kering inilah yang kadang menimbulkan konflik antar sesama penghuni asrama. Yang paling sering adalah tidak mencukupinya makanan bagi seluruh penghuninya.Hal ini biasanya karena kurangnya kesadaran dari penghuni asrama itu sendiri. Peran seorang ketua blok sangat penting untuk menanggulangi masalah seperti ini.

Itulah beberapa hal yang mungkin akan kamu hadapi saat menjadi mahasiswa bidikmisi. Hal- hal diatas mugkin dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengurus yang berlaku.

Terus terang, bidikmisi ini adalah beasiswa dengan jumlah uang yang diterima paling banyak diatara beasiswa yang lain. Jumlah total yang didapat kurang lebih 6 juta persemester. Jumlah itu kemudian dipotong uang UKT sebesar 2.4 juta dan sisanya dipotong lagi untuk biaya asrama dan ketring bagi mahasiswa baru.

Waktu penerimaan bantuan adalah 4 kali pertahun, yaitu pada bulan 3, 6, 9, dan 12. Jumlah yang diterima sudah dipotong biaya UKT. Dan pad bulan 6 dan 12, jumlah yang diterima dipotong lagi untuk biaya asrama. Nah, pada bula 3 dan 9 tidak ada potongan biaya asrama, uang yang diterima kurang lebih 1,9 juta.

Jangan heran ketika kamu masih menjadi mahasiswa baru dan menerima jumlah uang yang berbeda dengan seniormu. Itu karena uang yang kamu terima masih dipotong biaya makanmu. So, ketika masa ketring telah selesai, jumlah yang kamu terima akan sama degan seniormu.

Ok. Enough for today. Im looking forward to seeing you in my next post. Don’t be a silent reader. Give me your comment. Bye now.

(Baca Juga : Cara Mengecek Perkembangan Pencairan Bidikmisi 

Update September 2018 

Mulai tahun 2018, waktu pencairan bidikmisi telah berubah. Jika sebelumnya waktu pencairan 4 kali pertahun, sekarang hanya 2 kali pertahun, yaitu pada bulan 3 dan 9 dengan nominal 3,9 juta. 

sistem asrama juga berubah. Jika dulu kita di asramakan selama 3 tahun, maka sekarang kita hanya diasramakan selama tahun pertama kuliah. Artinya, saat memasuki semester 3, kita mulai dibebaskan untuk memilih tempat tinggal sendiri.
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

6 comments for "Hal yang Akan Kamu Alami Saat Menjadi Mahasiswa Bidikmisi"

  1. nice friend teruslah berkarya dengan tangan dan pikiran anda..
    inspirasi tidak mesti harus dari orang besar tapi dengan anda saya bisa terinspirasi untuk berkarya..
    #perfect

    ReplyDelete
  2. terimakasih, heheh .Masih harus belajar lebih banyak lagi. jangan bosan-bosan berkunjung dan berkomentar.

    ReplyDelete
  3. Mantap sidin la, up terus, jangan bosan-bosan untuk berkarya

    ReplyDelete