Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Karya Arsitektur yang Terinspirasi dari Alam

Inspirasi desain dapat datang dari mana saja. Tak terkecuali dari kekayaan hayati yang ada di sekitar kita. Kali ini situs Brightside.me telah merampung 10 Karya arsitektur mengagumkan yang terinspirasi dari alam. Seperti apa bangunannya?

Pencakar langit di Taipei (Taipei 101)

Arsitektur terinspirasi dari alam

Sesuai namanya, bangunan yang diresmikan pada 31 Desember 2004 ini memiliki 101 jumlah lantai. Dengan tinggi 509 meter, lift pada gedung ini memiliki kecepatan sebesar 65 km/jam. Artinya, untuk mencapat lantai 89 dari lantai dasar hanya dibutuhkan waktu 39 detik saja.

Selain kecepatan liftnya yang mengagumkan, bangunan ini juga menduduki peringkat ke-9 bangunan tertinggi dunia. Posisi pertama tentu saja dipegang oleh Burj Khalifa dengan 163 lantai dan tinggi 828 meter. Hampir satu kilometer,ckckck.


Stadium Nasional Beijing ( Beijing National Stadium )

Bangunana terinspirasi dari Alam

Bangunan yang terinspirasi dari sarang burung ini merupakan sebuah stadion yang dibangun khusus untuk menyambut okimpiade beijing 2008. Stadion ini dijadikan sebagai tempat pertandingan beberapa cabang olahraga, sekaligus sebagai lokasi Upacara pembukaan dan Penutupan Olimpiade. Ngomong-ngomong, bentuk sarang burung ini mengingatkan saya dengan sampul buku biologi kesayangan saya dulu. Hmm.. jadi nostalgia,deh.


Aldar Headquarters Building in Abu Dhabi

Inspirasi Karya Arsitektur dari alam

Bangunan berbentuk melingkar ( circular building)  yang terinspirasi dari kerang berdiri ini adalah bangunan melingkar pertama dari jenisnya di timur tengah. Karena desainnya yang unik, bangunan ini kemudian dinobatkan sebagai “Desain futuristik Terbaik Oleh The Building Exchange (BEX) dalam sebuah konferensi di spanyol. Kalian bisa melihat bagaimana bangunan khas ini dibangun dari kerangka baja diagrid di youtube.


Pulau palem ( Palm Island in Dubai)

Pulau Palem di Dubai

Kepulauan yang dibuat oleh Bangsa Arab ini menjadi proyek reklamasi terbesar di dunia yang juga merupakan pulau buatan terbesar di dunia. Di desain oleh Syeikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, pulau berbentuk pohon palm ini dibuat untuk mendorong sektor pariwisata di dubai yang selama ini hanya fokus di sektor minyak saja. Maka dibangunlah pulau palm yang terdiri dari  Palm Jumeriah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira.


Pusat Kontrol Penyakit di Taiwan ( Center For Disease Control )

Bangunan Berbentuk Keong

Bangunan Biolab ini terdiri dari dua unit laboratorium yang dilindungi dan tertutup oleh dua elemen seperti cangkang “Nutilus” dengan ukuran yang berbeda. Pada kulit cangkang ini terdapat pola sayatan geometris yang melambangkan urutan DNA dari bakteri yang dipelajari. Bangunanya unik ya. Saya pernah melihat bangunan rumah tinggal yang bertema siput seperti ini. Silahkan googling  jika penasaran.


Puncak Menara Chicago ( Chicago Spire)

Menara chicago karya Santiago Calatrava

Meskipun memiliki desain yang luar biasa, hasil rancangan arsitek terkemuka Santiago Calatrava ini nyatanya tidak pernah dibangun. Dengan hanya menyisakan pengerjaan fondasi, pembangunan pencakar langit ini terpaksa dihentikan pada 2008 akibat resesi.

Penyebap lainnya adalah masalah yang menimpa pengembang, yaitu Garret Kelleher terlilit masalah hukum dengan Anglo Irish Bank Corp. Pertikaian kedua pihak terjadi karena utang macet dari Garret. Karena masalah inilah akhirnya pembangunan gedung pun dihentikan.


Pusat Akuatik Nasional Beijing ( The Beijing National Aquatic Center )

Pusat akuatik di beijing china

Keluar sebagai juara umum cabang olahraga renang di Asian Games 2018, ternyata China memiliki Pusat akuatik yang sangat unik. Bangunan yang juga disebut sebagai Water Cube atau kotak air ini berlokasi di sebelah barat dari Stadium Nasional (Bird Nest) juga digunakan sebagai venue cabang renang pada Olimpiade Beijing 2008 lalu.




Bangunan ini sarat akan nilai nilai budaya bangsa China. Dalam tradisi tiongkok, kotak melambangkan bumi dan lingkaran sebagai surga. Itulah mengapa banyak bangunan kuno china berbentuk kotak.

Dibangun oleh orang cina dan Australia, Pusat Akuatik Nasional Beijing ini adalah bangunan pertama di dunia yang menggunakan teori Balon Sabun ( The Soap Bubble ), dan disokong oleh struktur baja berbentuk polyhedral. Luar biasa, bukan.


Pencakar Langit di London ( The Gherkin)

The gherkin

Sesuai namanya, bangunan komersil yang yang terletak di kota London ini mengambil ispirasi bentuk dari timun. Tapi menurut saya kok lebih mirip ke peluru, iya nggak?. Bangunan ini memiliki tinggi 180 meter dan mengusung tema bangunan hemat energi yang membuatnya mengonsumsi energi lebih sedikit daripada bangunan lain yang serupa.


Kuil Teratai di New Delhi ( Lotus Temple)

Lotus temple

Selain sebagai tempat ibadah, kuil yang menyerupai kelopak teratai setengah mekar ini juga menjadi tempat wisata menarik di India karena bentuknya yang indah dan menonjol.  Bentuk teratai kuil ini diperoleh dari 27 marmer yang disusun dalam tiga kelompok untuk membentuk sembilan sisi. Yang menarik  dari kuil ini adalah tempat ini dibuka untuk siapa saja, bahkan dari agama lain.


 Olimpic Pavilion di Barselona

Olimpic Pavilion Barcelona

Patung rancangan arsitek ternama Frank Gehry ini adalah salah satu landmark di pinggiran laut kota Barselona. Patung ini dibentuk oleh stainless steel berwarga gold yang berkilau di bawah sinar matahari dan kilauanya berubah ubah sesuai sudut matahari dan cuaca. Fungsi utama bangunan ini adalah sebagai kanopi atau peneduh bagi kasino dan restoran dari Hotel Arts. Unik sekali bukan?

Itulah 10 Karya Arsitektur yang terinspirasi dari alam. Semuanya punya keunikan yang membuatnya mudah diingat dan dikenali. Bagaimana menurutmu? Jangan ragu untuk berkomentar di bawah.

See you in my next post.

Photo credit :
© Jeffrey Liao/Shutterstock   © Yinspire/Shutterstock  
© Eastimages/Shutterstock   © Alena Brozova/Shutterstock    
© Patryk Kosmider/ Shutterstock   © silvae/ Shutterstock 
© Konstantin Stepanenko/ Shutterstock   © Ramon Espelt Photography/ Shutterstock    
© archello.com   © elena moiseeva/ Shutterstock
© Calatrava.com   © Anton Watman/ Shutterstock 
© Songquan Deng/ Shutterstock   © jannoon028/ Shutterstock   
© Kiev.Victor/ Shutterstock   © eastnews.ru  
© Mikhail Varentsov/Shutterstock   © M88/Shutterstock 
© Photo travel VlaD/ Shutterstock   © Ilya D. Gridnev/ Shutterstock   
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

6 comments for "10 Karya Arsitektur yang Terinspirasi dari Alam"