Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tipe Dosen Arsitektur

tipe tipe dosen ArsitekturHalo …

Another comic from leewardist. Sebenarnya saya ragu mau post komik ini. Takut ada dosen yang baca,heheh. But, Sebenarnya di sini saya cuma mau menggambarkan seperti apa dosen dosen di arsitektur itu dari sudut  pandang creator komik ini, yang nantinya akan saya bandingkan langsung dengan dosen dosen yang saya miliki di jurusan arsitektur UHO.

Tidak bosan-bosanya saya mengingatkan kalau semua gambar yang ada dalam postingan ini adalah hak milik leewardist. Saya hanya mengubah bahasanya ke bahasa indonesia menggunakan google translete dengan sedikit improvisasi. Kunjungi instagramnya di Leewardist untuk melihat lebih banyak karya mereka.




1. The “virus” atau dosen killer

Komik Arsitektur

Jangan pernah macam-macam dengan tipe dosen ini. Mereka adalah dosen yang sangat disiplin kepada mahasiswa. Ada beberapa dosen saya yang tak segan segan mengeluarkan mahasiswa jika mereka terlambat. Namun jangan khawatir,  kebanyakan dosen arsitektur sebenarnya cukup longgar kalau masalah ketepatan waktu hadir. Asal jangan telat mengumpul tugas saja.

2.  Dosen PowerPoint

Dosen-dosen di Arsitektur

Mengajar dengan powerpoint sebenarnya cukup menyenangkan, karena kita bisa melihat langsung objek yang dijelaskan oleh dosen. Namun, cara ini lumayan beresiko membuat mahasiswa mengantuk, apalagi jika pembawaanya tidak dilakukan dengan baik. Dosen harus pintar pintar membawa materi agar mahasiswa bisa melalui perkuliahan tanpa merasa bosan.  Sejauh ini saya rasa dosen yang rutin menggunakan PowerPoint cukup berhasil dalam membawakan materi tanpa membuat mahasiswa jenuh.

3.  Dosen “Not so smart”


Nobody Perfect. Ungkapan itu mungkin bisa menggambarkan tipe ini. Tidak semua dosen memiliki kompetensi yang mumpuni dan tidak mungkin dosen tahu segala hal. Sama seperti mahasiswa, tidak semua memiliki kemapuan yang sama. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihanya masing masing.

4.  The Questioning atau Dosen yang selalu memberi pertanyaan


Ketika dosen tipe ini mulai melontarkan pertanyaan, dijamin pasti semua mahasiswa kejang-kejang, pura pura sibuk, atau melihat ke arah lain sambil berdoa dalam hati agar tidak ditunjuk. Saya beberapa kali mendapat dosen yang sering bertanya, dan seperti yang sudah bisa ditebak, saya melakukan 3 jurus tadi.haha. sebenarnya kamu tidak akan kejang-kejang kalau wawasanmu luas. Selalu persiapkan diri sebelum mengikuti suatu kuliah agar kamu lebih siap dan mudah memahami apa yang dosen sampaikan.

5.  Dosen Bijak


Tipe dosen bijak biasanya adalah dosen yang sudah berumur dan memiliki banyak pengalaman. Mereka biasanya tidak hanya menjelaskan teori, namun juga sesuatu yang bersifat spiritual, nasehat nasehat, motivasi, dan lain sebagainya.

6.  Dosen Ramah


Dosen ini biasanya adalah dosen faforit mahasiswa. Mereka bisa sangat dekat dengan mahasiswa. Pembawaanya santai dan suka bercanda ketika mengajar maupun diluar kelas.

7.  Dosen dengan Diskusi yang Tak Pernah Berakhir


Jujur saya belum pernah berdiskusi dengan dosen hingga berjam jam. Entah dengan teman saya, mungkin mereka pernah. Kegiatan diskusi ini biasanya terjadi saat Asistensi tugas besar. Kamu akan berhadapan dengan dosen yang akan mengoreksi kesalahan dari pekerjaanmu. Di saat seperti inilah kamu harus banyak bertanya tentang tugas yang kamu kerjakakan agar hasilnya bisa lebih maksimal.

8.  Dosen Kamus



Mengapa diberi istilah kamus? Karena dosen tipe ini sering sekali menggunakan istilah istilah yang bagi kalian yang jarang baca buku akan terdengar asing. Biasanya tipe dosen ini adalah mereka yang memiliki wawasan luas dan bergelar doktor. Rajin-rajinlah bertanya jika ada istilah yang tidak kamu mengerti.

9.  Dosen Penyayang


Ada beberapa dosen saya yang masuk kategori ini. Dosenya pengertian sekali. Beliau akan sangat sabar dalam menghadapi kelakuan kami yang sering terlambat kumpul tugas. Selain itu, mereka yang masuk tipe ini biasanya sangat dekat dengan mahasiswanya. Sering sekali memberi toleransi atas sesuatu yang berhubungan dengan tugas. Namun, jangan pernah coba coba membuat mereka kecewa atau marah kalau tidak mau menyesal nanti.

10.  Dosen Penyobek


Sepertinya saya belum pernah menemukan dosen yang menyobek gambar mahasiswa. Entah pernah kejadian atau belum. Semoga belum. Dosen tidak akan setega itu jika gambar atau desain kalian jelek. Paling hanya disuruh mengubah dan memperbaiki kekuranganya.

That is, 10 tipe dosen di Arsitektur. saya harap dari pemaparan singkat di atas kalian mulai bisa mengambil gambaran tentang dosen-dosen yang akan kalian temui di perkuliahan nanti. Persiapkan diri kalian dengan baik dan tetap semangat!



La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "10 Tipe Dosen Arsitektur"