Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arsitek Mengunjungi Kincir Angin di Belanda

Sebagian besar wilayah dari Belanda terletak sekitar 5 meter di bawah permukaan laut. Hebatnya, orang belanda tidak merasakan dampak dari kondisi yang merugikan ini. Hal ini dapat terjadi karena sistem yang sangat inovatif dan rumit membuat air terus naik dan mencegah banjir pada wilayah itu.

Komik singkat dari leewardist ini khusus dipersembahkan untuk Belanda karena sistem berkelanjutan mereka menggunakan sumber daya secara efektif.

Semua gambar dalam postingan ini adalah hak milik  . Kunjungi instagramnya di Leewardist dan situs webnya di leewardist.com. Enjoy!

Arsitek mengunjungi Kincir angin Belanda

Arsitek mengunjungi Kincir angin Belanda

kondisi geografis belanda
solusi permasalahan

cara kerja kincir angin

penutup

Luar biasa ya, Bangsa Belanda. Mereka mampu menemukan solusi dari kondisi geografis mereka yang sebenarnya sangat meugikan. Mereka dengan cerdasnya mengadu musuh terbesar mereka untuk menjaga agar daratan mereka tetap kering dengan membangun kincir angin. Tak heran kemudian kini mereka dijuluki dengan Negri Kincir Angin karena banyaknya kincir angin yang mereka miliki.




Meski terlihat sama, sebenarnya kincir angin tersebut terdiri dari berbagai jenis. Berdasarkan fungsinya, Kincir angin dibagi 2, yaitu Untuk keperluan industri dan keperluan penyaluran air. Kincir angin industri dapat berupa kincir angin untuk menggergaji ( sawmill) atau untuk menggiling jagung ( cornmill).

Selain digunakan untuk membantu proses irigasi, menggiling hasil panen, dan kadang kincir angin juga digunakan sebagai sarana informasi: kalau anggota keluarga si pemilik kincir angin meninggal, maka posisi kincir menyimpang dari biasanya. Fungsi dari kincir angin pun sekarang bertambah, antara lain untuk mengalihkan air dan angin, mengasah kayu, memproduksi kertas, mengeluarkan minyak dari biji juga sebagai objek wisata.

kincir angin belanda
credit : http://www.travelinform.co.za
Setiap tanggal 13 Mei diperingati sebagai hari kincir angin. Pada hari ini mereka akan membuka kincir angin mereka untuk publik. Namun, sebenarnya kebanyakan pemilik kincir angin biasanya akan membukanya tiap hari, karena mereka bangga akan kincir angin mereka dan biasanya memberikan keterangan tentang cara kerja dari kincir angin tersebut.

Bagaiman menurutmu tentang kincir angin belanda ini? Jangan ragu untuk menyampaikannya di kolom komentar!

See you.
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "Arsitek Mengunjungi Kincir Angin di Belanda"

  1. Waw gambarnya keren mas dan sata setuju sekali bangsa belanda itu cerdas ya. Bisa bkin kincir begitu agar daratannya tetep kering

    ReplyDelete