Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

How To Make Sketchbook Tutorial : Membuat Buku Sketsa Sendiri

Cara membuat buku sketsa sendiri

Halo sobat pengunjung setia Anak Arsitektur UHO, saya kembali update tentang sesuatu yang bertema kerajinan tangan.

Kali ini saya ingin memperlihatkan sketchbook buatan saya sendiri dengan bahan bahan yang mudah diperoleh apalagi jika kamu adalah mahasiswa arsitektur. Di akhir postingan, saya akan memberikan link ke video tutorial dari cara pembuatan buku sketsa ini.

Teknik yang dipakai untuk membuat sketchbook seukuran A5 ini disebut coptic stich Bookbinding. Jujur saya nggak tau maksud dari istilah ini. Tapi yang pasti, teknik ini hanya memerlukan benang dan jarum untuk menyatukan tiap lembarannya.

bagian sampingbuku sketsa

Saya belajar cara mebuat buku sketsa ini dari channel youtube Sea Lemon. Channel ini recommended banget buat kalian para pecinta seni dan suka bikin sesuatu yang kreatif. Disana, selain kalian akan menemukan berbagai macam cara membuat Notebook dan Sketchbook, Pemiliknya juga membuat beberapa video tentang doodle, membuat pattern, dan hal hal kreatif lainnya.

buku gambar a3
Buku gambar A3
Sketchbook ini saya buat dari buku gambar A3 sisa dari tugas Studio Perancangan Arsitektur 2 kemarin. Jadi kertas A3-nya dibagi 2 lalu dilipat. Bahan untuk membuat cover dapat berupa dupleks, yang dapat dengan mudah kalian temukan di toko alat tulis. Tetapi, karena malas beli dupleks, saya memilih menggunakan cover dari buku gambar A3 dengan menyatukan 4 lembar sampul seukuran Kertas yang telah dilipat tadi menggunakan lem agar lebih tebal dan kaku.

Jika semua bahan telah siap, maka dilanjutkan dengan proses penyatuan tiap lembaran buku sketsa menggunakan benang. Proses ini butuh kesabaran dan ketelitian agar benang jahitnya tidak terlilit yang bisa menyebapkan kamu frustasi. Pastikan jahitanmu kencang dan rapi agar skechbook yang dihasilkan tidak mengecewakan. Gunakan pula benang yang memiliki ukuran lumayan besar untuk mendapatkan jahitan yang kuat dan tidak mudah lepas.


Sketchbook yang telah jadi dapat kamu isi dengan apa saja. Entah itu sketsa bangunan, doodle, atau apapun yang membuatmu senang. Jujur selama membuat buku sketsa ini saya sangat terhibur dan rileks. Saya harap kalian pun dapat merasakan hal yang sama.



Karena dibuat dengan teknik menjahit seperti buku hardcover, buku sketsa ini sangat nyaman digunakan untuk membuat gambar. Jahitan buku yang tidak ditutupi membuat kesan vintagenya sangat terasa. Kita pun dapat membuat dalam berbagai ukuran. Kunci utamanya adalah menguasai teknik menjahitnya dengan baik. Jika tekniknya sudah dikuasai, maka kita sudah bisa berkreasi sesuai keinginan.




Dipostingan selanjutnya nanti saya akan membagikan isi dari sketchbook yang telah saya buat ini. Kenapa bukan sekarang? Karena isinya masih kosong, heheh. Klik di Sini untuk menuju video tuotrial dari Sea Lemon tentang cara pembuatan Sketchbook dengan teknik Coptic Stich Bookbinding.


Jangan ragu untuk menyampaikan apa yang kalian pikirkan di kolom komentar.
I'm looking forward to seeing you in my next post.
bye...

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "How To Make Sketchbook Tutorial : Membuat Buku Sketsa Sendiri"

  1. Bang bahan nya apa ajah

    ReplyDelete
  2. Kalao pakai buku yang udh jadi bisa nggak

    ReplyDelete