Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Meringankan Kinerja SketchUp



Pertama-tama terimakasih sudah mengklik tautan ini untuk membaca artikel tentang bagaimana membuat kinerja sketchup lebih baik di laptop sobat.

Dalam bermain sketchup,  ukuran file yang besar dapat membuat kinerja SketchUp menjadi menurun dan lambat karena terlalu berat. Nah, untuk meringankan kinerja Aplikasi 3D ini, ikuti langkah langkah di bawah ini

Ganti RAM


Untuk sobat yang memiliki RAM laptop 2GB dan memakai sketchup versi 2015 ke bawah, sobat sebaiknya menambah RAM maximal sampai 8GB.

Mengapa hanya sampai 8GB? Karena sketchup adalah software bawaan dengan 32bit, walaupun sebenarnya sekarang sudah ada versi 64bit.

Berbeda dengan sketchup versi 2016 keatas, RAM 16GB sudah bisa terbaca.

Selalu PURGE


Purge bisa dilakukan dengan cara memilih menu Windows > Model Info > Statistic > Purge Unused.

Melakukan Purge

Fungsi Purge adalah untuk meringankan file kita dan menghapus sampah-sampah yang tidak terpakai. Adapun minusnya jika di Purge adalah :
a. File kita yang diproxy akan hilang
b. Biasanya file hasil download di internet (yang sudah di setting pemiliknya) akan rusak settingannya alias tidak terbaca.

Nantinya file kita akan berbentuk garis garis saja. Jadi sketchup nya lebih ringan.




Mengatur Style


Selanjutnya kita mengatur Style dengan cara Pergi ke Windows > Style > Edit, lalu hilangkan centang profiles, extension dan endpoints. Matikan semuanya agar gambar sobat makin ringan.

mengatur style sketchup


Bermain Hide Object


Biasakan dalam menggambar untuk menggunakan teknik hide Object yang dirasa tidak perlu. Jadi misalnya, sobat ingin mengedit bagian interior

Ketika sobat mau mengedit bagian kitchen set, Hide saja dulu benda benda yang ada disekitarnya yang sobat rasa tidak penting, seperti sofa, meja, dan lain lain.

Cara Hide Objek

Cara hide Seperti ini. Pilih objek yang ingin di hilangkan dulu. Klik kanan lalu pilih hide, maka objek tadi akan terhide alias tersembunyi. Tapi tenang, filenya tetap ada kok. Cara mengembalikanya tinggal pilih menu Edit > Uhide > All.

Oke, itulah 4 tips yang bisa sobat lakukan untuk meringankan file saat bermain

SketchUp. Semua info yang saya bagikan diatas saya kutip dari Channel terlegram mahir visual yang bisa kalian ikuti sendiri.

Disana kalian akan mendapat banyak ilmu ilmu seputar sketchup bagi pemula.

Bagaimana cara melihat channelnya? Tentunya sobat harus mendownload terlebih dahulu aplikasi telegam di playstore dan membuat akun. Jika sudah, sobat bisa mengklik tautan ini t.me/mahirvisual
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

3 comments for "Tips Meringankan Kinerja SketchUp"

  1. Thanks infonya. Saya saya punya laptop dengan RAM 2 GB. Kayaknya harus mulai ganti nih

    ReplyDelete
  2. dulu aku sempet belajar2 ini..coba2in liat youtube

    ReplyDelete