Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Arsitek Terkenal di Dunia

Dunia Arsitektur telah melahirkan banyak arsitek hebat yang terkenal melalaui dedikasi mereka yang tinggi untuk kemajuan lingkungan hidup manusia. Entah itu bangunan publik atau rumah tinggal pribadi.

Sebagai seorang mahasiswa arsitektur, sangat penting bagi kita untuk mengenal dan mempelajari karya-karya mereka. Manfaatnya sangat banyak. Kita bisa memahami bagaimana cara mereka mendesain, mencari inspirasi, dan menuangkan konsep bangunan ke desain mereka. Hal inipun dibahas di salah satu mata kuliah Arsitektur UHO.

Saat mata kuliah Azas dan Metode Perancangan Arsitektur 2 di semester 3 kemarin, kami diberi tugas untuk menampilkan karya karya dari salah satu arsitek terkenal di dunia. Waktu itu saya memilih untuk membahas karya dari Richard Meier. 

Menariknya, tugas ini tidak hanya sebatas menampilkan karyanya, tetapi juga menganalisis karakter dari si arsitek dalam mendesain, Aliran si arsitek, Tipologi bangunannya, dan masih banyak lagi yang yang berhubungan dengan karya si Arsitek yang telah dipilih di awal tadi. Semuanya dibuat dalam bentuk slide dan dipresentasikan satu persatu ke depan.

Selain Meier, beberapa Arsitek yang dipilih oleh teman teman saya adalah Zaha Hadid, Renzo Piano, Santiago Calatrava, Tadao Ando, Le Corbusier, Norman Foster,Frank Gehry, Philip Jhonson, Aldo Rossi dan puluhan arsitek terkenal lainnya.

Dari sini kalian tentu sudah bisa menilai pentingnya mengenal dan mempelajari arsitek dunia,bukan? Jadi, mulai sekarang mulai lah rajin rajin mencari info mengenai arsitek arsitek yang saya sebutkan tadi.




Jika kalian pernah membaca sebuah komik di blog ini, maka kalian akan tahu bahwa komik merupakan karya lainya dari Leewardist

Di komik ini bercerita tentang Leewardist yang tengah mengunjungi beberapa arsitek terkenal di dunia lalu menceritakan kembali apa yang mereka katakan.




Zaha hadid ini adalah arsitek wanita paling terkenal di dunia. Beliau terkenal dengan karya karyanya yang bergaya dekonstruktif dengan dominasi bentuk kurva yang membuat setiap bangunan yang dibuatnya terlihat tidak biasa. Zaha hadid memenangkan penghargaan Pritzker tahun 2004.
Heydar Aliyev Center karya Zaha Hadid


Yang menarik dari Tadao Ando adalah ia belajar arsitektur secara otodidak. Ando bukanlah lulusan dari universitas. Malah sebelum menjadi arsitek, beliau adalah seorang sopir truk dan petinju.

Bennese House,Jepang karya Tadao Ando
Ciri khas dari karya Tadao Ando adalah kesederhanaan. Gaya arsitektur Ando dikatakan menciptakan ‘Haiku Effect, yaitu menekankan ketiadaan dan ruang kosong untuk mewakili keindahan kesederhaanaan. Ciri khas yang paling bangunanya berupa dinding dan konstruksi dari beton ekspos yang tidak diberi finishing. Beliau mendapat penghargaan Pritzker pada tahun 1995.


Dalam setiap karyanya, Renzo Piano sangat menonjolkan teknologi dan solusi yang moderen untuk mengatasi setiap permasalahan arsitektural. Ciri khas lain dari desain arsitek asal Italia ini adalah penonjolan unsur struktur bangunan yang membuatnya tampak unik dan kompleks. Ia memenangkan penghargaan Pritzker tahun 1998.

Centre Georges Pompidou karya Renzo Piano

Arsitek berkebangsaan Swiss ini adalah salah satu arsitek yang fokus ke gaya arsitektur moderen atau international style. Bangunanya selalu terkesan bersih tanpa banyak ornamen dan didominasi warna putih. Beliau meninggal pada usia 77 tahun pada 1965.

Villa Savoie karya Le Corbusier



Pernah masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia, bisa jadi Rem Koolhas adalah salah satu arsitek paling terkenal di dunia  melalui karya karyanya yang menentang konvensionalitas dan tercipta lewat konflik atas ruang.

CCTV Headquarters karya Rem Koolhaas
Bangunan-bangunannya selalu jauh dari kesan biasa. bahkan terbilang ekstrim. Beliau juga adalah pemenang Pritzker tahun 2000.

Kalau ditanya arsitek faforit, saya akan menjawab Zaha Hadid. Wanita pertama yang memperoleh penghargaan Pritzker ini selalu menciptakan bangunan yang bisa membuat siapapun yang melihatnya berdecak kagum.

Jika kamu belum mengetahui apa itu Penghargaan Pritzker, Pengharagaan ini adalah salah satu award tahunan paling bergengsi untuk insan Arsitektur dunia. Bisa dibilang seperti Penghargaan Oscarnya Arsitek.

Nah, dari sekian banyak peraih penghargaan ini, Zaha Hadid muncul sebagai Wanita pertama dan Muslim pertama yang memenangkanya pada tahun 2004 sejak diadakan tahun 1979. Hebat bukan?

Doodle buatan google Pada 31 Mei 2017. merupakan tanggal beliau memperoleh penghargaan Pritzker
Itu saja isi artikel ini. Untuk mendapat info yang lebih banyak tentang Arsitek arsitek yang saya sebutkan di atas, kamu bisa googling sendiri dengan memasukan nama mereka di kotak pencarian. Selamat belajar dan yakinlah bahwa kamu bisa menjadi seperti mereka suatu saat nanti.
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Mengenal Arsitek Terkenal di Dunia"