Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Shortcut Sendiri di SketchUp

Assalamu alaikum.

Untuk mendukung efisiensi dalam bekerja, Sketcup telah menyediakan fasilitas berupa shortcut untuk mewakili perintah perintah yang sering kita gunakan. Umunya beberapa perintah sudah memiliki shortcutnya sendiri, seperti Line berupa “L” dan Rectangle berupa “R”.

Namun, karena faktor kenyamanan, saya pribadi mengganti sendiri beberapa shortcut untuk perintah yang sering digunakan sesuai keinginan. Salah satu contohnya adalah perintah delete. Untuk melakukannya, sobat dapat mengikuti tutorial di bawah.

Membuat Shortcut Baru


  • Klik menu Window > Preferences


  • Pilih tab Shortcut


  • Disini saya akan membuat shortcut untuk perintah Hide (Fungsi : untuk menyembunyikan objek sementara) carilah perintah Edit/Hide pada kolom function.


  • Ketikkan Shortcut yang diinginkan pada kolom Add Shortcut (Disini saya memilih huruf D) lalu klik tanda plus (+)


  • Shortcut tadi kemudian akan muncul di kolom Assigned lalu klik OK.

Mengganti Shortcut di SketchUp


Untuk cara mengganti shortcut, saya menggunakan perintah hide sebagai contoh.

Caranya sama seperti cara pertama, tetapi di cara ini sobat bisa memilih untuk mengganti atau sekedar menambahkan shortcut.

  • Untuk menambahkan, sobat hanya perlu menambah shortcut di kolom Add shortcut (lalu klik tanda +) kemudia klik OK.


  • Untuk mengganti shortcut, sobat tinggal memilih shortcut yang akan dihapus, lalu klik tanda minus (-) di samping kolom assigned lalu klik OK.


Sekarang shortcut sobat sudah siap digunakan untuk mendukung aktifitas mendesain sobat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat belajar.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Cara Membuat Shortcut Sendiri di SketchUp"