Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Komik] Problema Mahasiswa Arsitektur


Menjadi mahasiswa apalagi mahasiswa arsitektur itu nggak gampang. Dibutuhkan kesabaran dan perjuangan ekstra serta tekad yang kuat untuk dapat melewati tiap semesternya.

Sebagai mahasiswa arsitektur (semester 5), komik karya leewardist ini cukup menggambarkan apa yang saya dan kawan kawan alami selama ini.

Jika sobat adalah masiswa arsitektur, sobat pasti akan lebih paham apa maksud dari gambar gambar ini.

Penasaran seperti apa? Check this out!

1. Biaya Membeli Peralatan



Bukan rahasia lagi kalau mahasiswa arsitektur itu butuh banyak perlengkapan untuk menggambar. Rata rata harganya memang lumayan menguras kantong sih. Tapi ya.. sebenarnya masih bisa diakali dengan membeli alat yang murah. Seperti saya selama ini, wkwkwk. (note : jangan ditiru)

2. Kehilangan Kertas Gambar



Ini paling sering dialamin mahasiswa yang selalu jadi tempat nyontek gambar. sering banget karena saking kacaunya, kertas gambar yang udah dikerja mati matian raib tanpa jejak.

3. Membuat maket



Udah nggak perlu dijelasin lagi. Bikin maket itu amat sangat melelahkan. Tapi seru juga sih sebenarnya. Cuma yaa..... butuh tenaga ekstra.

4. Terlambat



Ini paling sering kejadian kalau paginya ada pengumpulan. Sembilan puluh persen mahasiswa pasti telat di pagi harinya.


5. Janji Manis Teman



Ini paling ngesilin. Pas ditanya udah ngerjain berapa lembar, bilangnya belum banyak. Eh, ternyata besoknya dia udah ngerjain berlembar lembar. Dan sialnya lagi kita udah senang duluan karena ada temen yang belum selesai juga.

6. Dokumentasi



Karena kita sering banget survey, ribetnya dokumentasipun nggak terhindarkan.

7. Revisi



Bayangkan desain atau denah yang sudah kita kerja siang malam tanpa henti ternyata dibilang jelek dan diminta mendesain ulang. Sakit banget.

8. Mana Utara?



Sederhana namun penting. Terkadang karena saking kecilnya, kita sampai lupa  memasukan tanda utara ke denah atau konsep tapak. Dan dengan jelinya dosen pasti tau kalau tanda itu nggak ada.

9. Istirahat setelah Pengumpulan Tugas



Masa masa ini adalah masa hibernasi. Setelah berhari hari menahan kantuk dan kurang tidur, waktu setelah pengumpulan adalah waktu paling ideal untuk tidur selama mungkin. Disinilah masa masa merdeka itu terasa. Heheh.

Oke, itulah beberapa ilustrasi tentang problema mahasiswa arsitektur karya Leewardist. Cek Facebook mereka di Leewardist dan instagramnya di @leewardist

Sampai jumpa di komik selanjutnya.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "[Komik] Problema Mahasiswa Arsitektur"