Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Garis dengan Sudut Tertentu di AutoCAD





Assalamu alaikum.

Saat menggambar tampak depan dari atap di autocad, kita membutuhkan garis dengan sudut tertentu untuk membuat sisi miring dari atap tersebut. Sudut kemiringannya berkisar antara 30-45 derajat. Saya pribadi lebih sering menggunakan atap dengan sudut kemiringan 30 derajat untuk bangunan rumah tinggal.

membuat garis sudut atap di autocad

Untuk cara membuat sudut di autocad, ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu melalui perintah DYNMODE dan melalui kombinasi tombol Shift + @.

Membuat Garis dengan Sudut Tertentu melalui perintah DYNMODE

1. Ketik perintah DYN untuk DYNMODE (enter)

perintah dynmode

2. Saat muncul permintaan Enter new value for DYNMODE, masukkan angka 3 (enter). Dengan cara  ini setiap sobat menarik garis, akan selalu ditampilkan nilai sudut yang terbentuk.

memasukan nilai value

3. Sekarang tariklah garis menggunakan perintah LINE dan arahkan secara manual untuk membentuk sudut tertentu (misalnya 30 derajat) lalu klik untuk mengakhiri.

menggeser kursor membentuk sudut tertentu

4. Untuk menonaktifkan DYNMODE agar nilai sudutnya tidak selalu ditampilkan sobat tinggal mengetik perintah DYNMODE lalu masukan nilai 1 (enter).

Membuat Garis dengan Sudut Tertentu dengan Tombol Shift + @

1. Buatlah garis menggunakan perintah Line lalu klik untuk membuat titik awal lalu tarik dan jangan klik lagi. (jangan dulu tentukan titik kedua dari garis tersebut)

2. Tekan tombol Shift + @ lalu masukan nilai panjang dari garis tersebut, misalnya 400 cm (jangan dulu tekan enter)

memasukkan nilai panjang garis

3. Tekan tombol Shift + <  (tanda kecil dari) lalu masukkan nilai sudutnya, misalnya 30 derajat lalu tekan enter

memasukkan nilai sudut

Sekarang sobat sudah memiliki garis sepanjang 400 cm dengan sudut kemiringan 30 derajat. Kalau ditanya cara yang paling mudah, menurut saya cara kedua lebih enak digunakan karena kita tidak perlu menggeser geser kursor untuk mendapatkan nilai sudut tertentu. Tapi semua kembali ke sobat untuk memilih mana yang lebih nyaman digunkanan.

Cara ini dapat digunakan  untuk membuat sudut berapapun, termasuk 45 derajat di autocad yang sering di gunakan untuk membuat garis atap di denah dan rencana kap atap.

Untuk mengetahui nilai sudut dari suatu garis di AutoCAD, sobat bisa menggunakan perintah dimangular





Cara Mengukur atau Menghitung Sudut Tertentu di AutoCAD

1. Ketik perintah DIMANG (DIMANGULAR) (enter)

perintah dimangular

2. Klik 2 garis bersinggungan yang akan diukur sudutnya

klik dua garis bersinggungan

3. Saat sobat melihat ukuran sudut dan klik sembarang untuk mengakhiri perintah.

Terimakasih sudah membaca tutorial ini. Seperti biasa jika sobat menemui kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Cara Membuat Garis dengan Sudut Tertentu di AutoCAD"