Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyisipkan Perabot (Meja dan Kursi) Pada Denah Di AutoCAD

Assalamu alaikum.

Untuk membuat denah lebih lengkap dan menarik, terkadang dosen meminta agar denah dilengkapi dengan perabot berupa meja, kursi, kichen set, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, penambahan pohon dan tanaman lain juga diperlukan untuk melengkapi siteplan yang dibuat.

Untuk menyisipkan perabot di denah autocad, ada dua cara yang bisa di lakukan, yaitu melalui design center yang memang sudah ada di autocad atau mengkopy paste langsung dari file lain.





Cara pertama : Melalui Design Center

  1. Tekan tombol Ctrl + 2 atau Ctrl + @ untuk memunculkan jendela Design Center
  2. Klik tab Folders 
    Membuka tab folder
  3. Buka File Home – Space Planner.dwg melalui folder C: > Program Files > Autodesk > Autocad 2015 > Sample > en-us > Design Center > Home – Space Planner.dwg > Blocks.    ( Saya menggunakan autocad 2015, sehingga foldernya bernama Autocad 2015)

  4. Untuk menyisipkan perabot ke gambar AutoCAD, klik 2 kali perabot yang diinginkan. Saat muncul jendela Insert, klik OK.
  5. Klik sembarang pada area gambar untuk meletakan perabot tadi.
Tutup jendela design center dan mulailah mengatur posisi dan ukuran dari dari perbot tadi dengan perintah move dan scale.

Baca Juga : Cara Mengatur Ukuran Objek pada AutoCAD

perabot pada autocad

Note :

Selain file Home – Space Planner.dwg, sobat juga bsa membuka File House – Designers.dwg > Block yang juga berada pada folder Design Center seperti file pertama. File ini berisi beberapa perabot kamar mandi dan tangga spiral.

perabot kamar mandi pada autocad




Cara Kedua : Copy Paste dari File lain

Cara ini terbilang mudah, sobat hanya perlu membuka file dwg yang berisi perabot dan tanaman dan mengcopas perabot yang diinginkan ke file denah.

  • Buka file berisi perabot
  • Blok perabot yang diiginkan lalu Copy (Ctrl + C)
  • Buka file denah lalu Paste (Ctrl + v)
  • Silahkan atur ukuran dan penempatan perabot sesuai keinginan.

Jika sobat belum punya filenya, silahkan unduh di bawah. File ini berisi perabot dan tanaman yang dilengkapi dengan tampak depan.

Download Button


Kesimpulan :

Biasanya denah yang dilengkapi perabot ditujukan untuk mata kuliah CAD dan Studio Perancangan Arsitektur. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara menyisipkan perabot ke denah.

Itulah dua cara menyisipkan perabot ke gambar denah autocad, jika sobat menemui kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.



La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Cara Menyisipkan Perabot (Meja dan Kursi) Pada Denah Di AutoCAD"