Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komunikasi Arsitektur (2 sks)


Assalamu Alaikum.

Kali ini saya mau ngereview mata kuliah yang cukup menarik di semester 5. Namanya adalah komunikasi Arsitektur. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib di semester 5 yang memiliki 2 SKS dengan durasi 1 jam 40 menit.

Pada dasarnya di mata kuliah ini kita diajarkan bagaimana cara menyampaikan ide dan desain kita kepada klien. Kita harus bisa meyakinkan klien agar paham dan mau menerima desain yang kita buat. Karena itu, mata kuliah ini kebanyakan diisi dengan presentasi konsep dan desain.

Di awal perkuliahan, tiap minggunya dosen memberikan materi tentang komunikasi Arsitektur. Baru kemudian setelah mid semester dosen memberi tugas presentasi tugas Studio Perancangan Arsitektur 2 di semester sebelumnya. Ini di kelas saya ya, beda lagi dengan kelas sebelah yang diberi tugas membuat rumah tipe 45 ( kalau nggak salah).

Seperti kebanyakan mata kuliah Arsitektur lainnya yang tidak memiliki test mid dan Final, Komunikasi Arsitektur menjadikan kegiatan presentasi ini sebagai nilai Final. This is what I love the most about studying architecture, kebanyakan mata kuliahnya tidak melalui Mid test maupun Final test secara tertulis, tetapi sering dalam bentuk tugas besar maupun presentasi. Jadi drama semalaman menghapal materi jarang kita temui disini.

Di semester 5 ini sendiri, dari semua mata kuliah yang saya programkan, semuanya tidak menyertakan Mid dan final secara test tertulis, melainkan melalui tugas tugas. Mulai dari Makalah, Paper plus presentasi, Powerpoint yang dikumpul lewat edmodo, dan beberapa tugas Besar yang dikerjakan selama satu semester penuh.

Tips untuk menghadapi mata kuliah ini tidak banyak. Pada dasarnya sobat harus belajar menyajikan konsep dan desain dengan baik. Sering seringlah berlatih dan yang paling penting kuasai konsep dan desain yang kalian buat. Pelajari juga notasi notasi yang digunakan dalam menggambar sehingga gambar yang kita buat dapat mewakili ide dan gagasan kita dengan baik.

Oh iya, saya hampir lupa. Baik di kelas saya maupun kelas sebelah diwajibkan membuat maket atau proyeksi 3 Dimensi dari desain yang dibuat. Jadi ketika preentasi, selain menggunakan powerpoint kami juga menggunakan maket sebagai media komunikasi kepada dosen yang dalam hal ini berperan sebagai klien.

Berikut adalah beberapa gambar dari maket yang teman teman saya buat. Maket ini merupakan proyeksi 3D dari rumah profesi yang terdiri atas 2 lantai dengan profesi yang berbeda beda, mulai dari dokter, arsitek, akuntan dan sebagainya.






Baiklah, itulah review tentang mata kuliah Komunikasi Arsitektur, semoga bermanfaat.


La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "Komunikasi Arsitektur (2 sks)"

  1. Kak request review matkul pelestarian kota pusaka, infrastruktur berkelanjutan, aksesibilitas lingkungan dan arsitektur bioklimatik:) oke ditunggu kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kebetulan saya tidak memprogram mata kuliah pelestarian kota pusaka dan infrastruktur berkelanjutan, hanya bioklimatik saja. Tapi nanti saya coba tanya ke teman yang program ya. Insha Allah malam ini saya akan sedikit membahas tentangArsitektur Bioklimatik.

      Delete