Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Jurusan Arsitektur UHO

<a href="https://www.freepik.com/free-photo/image-of-engineering-objects-on-workplace-top-view-construction-concept-engineering-tools-vintage-tone-retro-filter-effect-soft-focus-selective-focus_1238636.htm">Designed by Mindandi</a>

Assalamu alaikum.

Bagaimana kabar sobat sekarang? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya bercerita atau berbagi  tentang keadaan jurusan saya sekarang, yaitu Teknik Arsitketur.

Jurusan Arsitektur adalah salah satu dari beberapa jurusan yang bernaung di bawah nama Fakultas Teknik. Jurusan lainnya adalah Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Sipil. Sejauh ini hanya 5 jurusan ini yang saya tahu. Mungkin kedepannya akan ada jurusan lain yang ditambahkan. Saya kurang tahu.

Saya adalah mahasiswa arsitektur angkatan 2016 dan saat saya menulis ini, saya sudah berada di semster 6 (menjelang semster akhir, hiks). Melalui tulisan ini saya berharap bisa sedikit memberi gambaran kepada sobat mengenai jurusan yang mungkin sudah sobat cita citakan sejak dulu.

Baiklah, tanpa banyak intermezzo lagi, simak pemaparannya di bawah.

Lokasi Fakultas


Fakultas Teknik memiliki lokasi yang terbilang strategis di banding Fakultas lain di UHO. Berada dekat di gerbang utama, mahasiswa yang ngekos di depan kampus tidak perlu memusingkan kendaraan jika ingin ke fakultas. Hanya dengan berjalan kaki, sobat tidak perlu memusingkan akan terlambat atau membuang banyak keringat dengan jarak sedekat ini.

Dulu saya sangat diuntungkan dengan kondisi ini. Sampai akhirnya saya harus pindah tempat tinggal dari yang awalnya didepan kampus, ke  kendari permai yang membutuhkan waktu setengah jam jika berjalan kaki. Praktis kini saya bergantung pada ojek untuk ke kampus tiap harinya (angkot tidak melalui lokasi ini).

Gedung Fakultas


Fakultas teknik memiliki dua gedung. Satu gedung utama yang berisi ruang kuliah, Aula, ruang jurusan, ruang dekan, pengurus, dan beberapa ruang lab. Gedung lainya adalah gedung yang difungsikan sebagai lab dan studio. Baik gedung utama dan gedung lab Fakultas Teknik terdiri atas tiga laintai.

Ruang Kuliah


Sejauh yang saya tahu, ruang kuliah yang digunakan oleh mahasiswa arsitektur ada 8, terdiri dari :

3 Ruang kuliah
  • Ruang 05 lantai 1 ( ruang dengan ukuran terbesar, ruang utama bagi mahasiswa arsitektur yang dapat digunakan untuk kuliah, rapat, dan beberapa pertemuan)
  • Ruang 09 lantai 2 (ruang dengan ukuran lebih kecil. Hanya digunakan untuk kuliah)
  • Ruang 19 lantai 3 (ukuran yang sama dengan ruang 9, digunakan untuk kuliah)
5 studio dan lab
  • Lab. Gambar Dasar (digunakan untuk mata kuliah SKB I-II, SPA I-II, Gambar Arsitektur I-II, Perancangan Ruang Dalam)
  • Lab. Perancangan Digital (digunakan untuk mata kuliah yang memerlukan komputer seperti SKB III-IV, SPA III-IV, Perancangan Ruang Luar, dan sebagainya)
  • Lab Dasar Komputer ( digunakan untuk mata kuliah Dasar Komputer, CAD, dll)
  • Lab Pemukiman (Jarang dipakan untuk kuliah, lebih sering digunakan sebagai tempat penyimpanan alat-alat dan beberapa maket kawasan)
  • Studio Tugas Akhir (digunakan untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir)

Mahasiswa  dan Waktu Studi


Di antara semua jurusan di Fakultas teknik, bisa dibilang jurusan arsitektur adalah jurusan dengan kuota penerimaan mahasiswa terkecil. Tiap tahunya hanya sekitar 70an mahasiswa yang diterima di jurusan ini. Jumlah ini kemudian dibagi menjadi dua kelas, yaitu genap dan ganjil.

Pembagian kelas didasarkan pada stambuk atau NIM (Nomor Induk Mahasiswa), tepatnya pada angka terakhir. Dengan stambuk E1B116012, saya ditempatkan di kelas genap. NIM sendiri menjadi identitas yang menggambarkan Fakultas Teknik (E1), Jurusan Arsitektur(B1), Tahun angkatan 2016 (16), dan nomor urut berdasarkan nama dan jalur penerimaan (12).

Mengenai keorganisasian, mahasiswa arsitektur UHO tegabung dalam organisasi yang disebut HMA (Himpunan Mahasiswa Arsitektur) yang dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua yang dipilih oleh mahasiswa arsitektur melalui rangkaian Rapat Umum Anggota (RUA) HMA UHO. Rapat ini diadakan setiap tahun dengan beberapa agenda. RUA bisa berlangsung dalam beberapa kali pertemuan dengan angkatan termuda kedua sebagai panitia pelaksana.

Semua mahasiswa arsitektur adalah anggota dari himpunan. Dengan beberapa pengurus divisi yang berasal dari jurusan arsitektur sendiri.

Untuk waktu studi, idealnya mahasiswa arsitktur dapat lulus 4 tahun dengan 8 semester. Namun karena banyak hal, waktu ideal ini sulit untuk tercapai.  Hanya beberapa orang yang pernah lulus dengan waktu 4 - 4.5 tahun. Sisanya adalah 5-6 tahun bahkan mungkin ada yang lebih.

Banyak faktor yang menyebapkan hal ini. Mulai dari sistem studio akhir yang hanya menyediakan sedikit kuota  di setiap penyelenggaraanya, sulitnya lulus di beberapa mata kuliah tertentu yang berujung harus mengulang di tahun berikutnya, hingga karena faktor mahasiswa itu sendiri yang memang kurang konsisten dan serius dalam kuliah.

Untuk faktor terakhir, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebap. Bisa karena si mahasiswa sibuk berorganisasi, memiliki pekerjaan di luar, atau karena faktor malas yang sulit dihilangkan.

Mahasiswa yang cepat lulus biasanya adalah mereka yang  konsisten, serius, dan mampu membagi waktu dengan baik antara urusan diluar dan studi.

Gelar Akademik


Berbeda dengan jurusan Teknik lain yang memberikan gelar akademik S.T bagi para lulusanya, Lulusan teknik arsitektur diberi gelar akademi  berupa S.Ars. Saya kurang tahu sejak kapan perubahan ini terjadi. Namun yang pasti beru berlaku beberapa tahun belakangan.

Kegiatan Mahasiswa


Selama 2 tahun lebih menjadi mahasiswa arsitektur, sudah tak terhitung banyaknya kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan. Baik itu skala kecil berupa Perjamuan sederhana untuk menyambut mahasiswa baru, hingga skala besar seperti perayaan dies natalis jurusan yang persiapannya bisa memakan waktu berbulan bulan.


Tak jarang pula diadakan kegiatan seperti pengumpulan dana untuk korban bencana, sahur on the road, buka bersama sambil membagikan makanan, seminar, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Oke, itulah sedikit gambaran tentang jurusan yang sedang saya rintis hingga saat ini. Mungkin tulisan di atas tidak akan mampu menjawab segala pertanyaan sobat mengenai jurusan ini. Untuk itu,jangan sungkan untuk memaparkan apa yang sobat pikirkan dan ingin tanyakan di kolom komentar ya.

Untuk sobat yang kini sedang berjuang untuk menyelesaikan masa SMAnya dan ingin kuliah di Arsitektur, tetaplah semangat dan belajar yang giat. So, Have a nice day and see you in my other post.
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Tentang Jurusan Arsitektur UHO"