Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengganti Uang Bidikmisi dan Penyebap Mahasiswa dikeluarkan dari Bidikmisi






NOTE: Ini adalah tulisan lama. Peraturan saat ini bisa jadi berbeda dan tiap kampus berbeda pula.

Assalamu 'alaikum.

Saat mengecek kata kunci pencarian yang mengarah ke blog ini, saya menemukan sebuah kata kunci yang isinya 'mengganti uang bidikmisi'. Saya kurang tahu pasti apa maksud dari kalimat ini.

Asumsi saya adalah bahwa mungkin mereka mencari informasi tentang apakah uang bidikmisi harus diganti dalam keadaan tertentu.

Saat pertama kali di nyatakan lulus sebagai penerima beasiswa bidikmisi tiga tahun yang lalu, saya dan mahasiswa lain memang diharuskan menandatangani surat perjanjian yang berisi tentang kesediaan untuk patuh dan taat dengan segala aturan yang ada dalam bidikmisi.

Salah satu isinya adalah mahasiswa bidikmisi harus lulus setelah paling lama 4 tahun atau sekitar 8 semester. Jika lewat dari waktu tersebut, maka otomatis mahasiswa harus membayar sendiri SPP dan tidak lagi mendapat dana living cost (biaya hidup).





Hal yang cukup menakutkan kala itu adalah ketika pengurus menyampaikan bahwa jika mahasiswa tidak lulus setelah 4 tahun, maka mahasiswa tersebut harus mengembalikan semua uang yang selama ini kita terima. Pernyataan ini cukup membuat saya ketakutan kala itu. Maklum lah belum tahu apa apa.

Belakangan saya baru sadar bahwa pernyataan tersebut hanyalah sekedar penyemangat agar kita tidak bermalas malasan untuk kuliah. Faktanya pernyataan mengenai harus mengembalikan seluruh uang yang telah diterima tidak tercantum dalam surat pernyataan yang telah kami tanda tangani di awal.

Saya pun sudah menanyakan ke beberapa penerima bidikmisi yang kuliah lebih dari 4 tahun dan mereka nyatanya tidak dituntut untuk mengembalikan semua dana yang pernah mereka terima.

Beasiswa bidikmisi memang hanya bisa kita nikmati selama 4 tahun selama kita belum dikeluarkan karena melanggar atau tidak memenuhi syarat nilai minimum persemesternya. Setelah 4 tahun, maka lulus tidak lulus dana bantuan tersebut tidak akan lagi kita terima.

Begitupula dengan mahasiswa yang cepat lulus. Misalnya hanya kuliah selama 3,5 tahun atau selama 7 semester. Maka pada semester ke 8 dana bidikmisinya akan tetap cair dan bisa digunakan untuk keperluan hidup.




Dikeluarkan dari Daftar Penerima Bidikmisi


Ada beberapa hal yang dapat menyebapkan mahasiswa bidikmisi dicoret dari daftar penerima beasiswa bidikmisi. Yang pertama adalah melanggar peraturan. Pelanggaran ini bisa berupa terlibat masalah kriminal atau ketahuan menikah.

Mahasiswa bidikmisi memang tidak diperkenankan untuk menikah dulu. Jika memang harus menikah, maka mahasiswa tersebut harus mengundurkan diri sebelum dikeluarkan oleh pengurus. Untuk hal ini saya sudah melihat banyak contoh ketika mahasiswa bidikmisi yang ketahuan menikah akhirnya dikeluarkan dari bidikmisi.




Hal kedua yang paling fatal adalah masalah nilai. Di semester lalu, banyak teman saya sesama penerima bidikmisi dikeluarkan karena nilai semesternya tidak memenuhi syarat. Nilai IP minimum yang harus diperoleh mahasiswa untuk tetap menjadi penerima beasiswa adalah 2.5.

Saya kurang tahu apakah nilai minimum ini berlaku untuk seluruh mahasiswa bidikmisi di Indonesia. Tapi yang pasti, mahasiswa bidikmisi memang tidak boleh memilik nilai semester yang rendah.

Di Universitas Haluoleo, nilai yang dilihat adalah rata-rata nilai 2 semester terakhir. Jika ternyata hasilnya dibawah 2.5, maka dengan terpaksa mahasiswa tersebut dikeluarkan dari bidikmisi dan harus membayar sendiri SPPnya.

Hal lain yang dapat menyebapkan mahasiswa bidikmisi dikeluarkan adalah tidak melakukan registrasi ulang. Tiap semesternya, mahasiswa bidikmisi harus melakukan registrasi ulang dengan membawa KHS semester terakhir untuk menentukkan apakah ia masih layak di bidikmisi atau tidak.




Kesimpulan 


Baiklah, itulah hal hal mengenai bidimisi yang bisa saya sampaikan untuk sobat pengunjung. Beasiswa bidikmisi adalah salah satu beasiswa dengan nominal yang tinggi. Sobat harus banyak bersyukur jika kelak menjadi salah satu penerima beasiswa ini.

Selalu jaga kelakuan dan nilai. Insha Allah sobat akan tetap aman dan tidak akan dikeluarkan dari daftar penerima beasiswa ini.

Terimakasih sudah membaca artikel ini dan teruslah berprestasi!
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

39 comments for "Mengganti Uang Bidikmisi dan Penyebap Mahasiswa dikeluarkan dari Bidikmisi"

  1. Terimakasih atas infonya. Pas banget saya butuh info seperti ini karena saya baru jadi mahasiswa bidikmisi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga Bidikmisinya bermanfaat. Intinya adalah pertahankan nilai dan ikuti semua aturan yang ada. Isha Allah aman sampai lulus nanti.

      Delete
  2. Kak mau menanyakan jika saya dpt bidikmisi th ini 6 semester dan pada semester 2, saya mengundurkan diri karena di terima ptk. Apakah harus mengganti semua uang bidikmisi kak ? Tolong respon kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok, Nggak ada sejarahnya mahasiswa bidikmisi harus mengembalikan uang yang pernah diterima. Kalau mau mengundurkan diri langsung saja menghadap ke pengurusnya.

      Delete
    2. Saya ingin bertanya kak. Saya kan sudah tidak menerima dana bidikmisi lagi dikarenakan sudah melebihi 8 semester, dan saya membayar disemester berikutnya. Lalu ada beberapa kendala sehingga saya harus berhenti. Apakah nanti saya akan disuruh mengembalikan dana bidikmisi tersebut?

      Delete
    3. @viral update: Setau saya tidak. Kecuali ada pertaturan tersendiri di kampusnya.

      Delete
  3. Kak jika taun ini mendapatkan beasiswa Bidikmisi, dan taun depan saya daftar ke ptk dan keterima. Dan saya pilih masuk ptk. Apa harus mengganti uang selama 1 tahun? Dan apa ada sanksi lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada sanksi setahuku. Banyak kok temen temen saya yang keluar dari bidikmisi dan nggak ada satupun diminta ngeganti. Ada yang nilainya menurun, bikin pelanggaran, malah ada yang ketahuan nikah. Jika mau keluar dari bidikmisi, sebaiknya melapor dulu ke pengurus bidikmisi kampus kamu supaya dihapus dari daftar penerima.

      Delete
  4. Kak memangnya anak bidikmisi harus aktif di kegiatan seperti BEM atau organisasi lainnya? Gimana klo tidak mengikuti hal tsb?

    ReplyDelete
  5. Kak jika tahun ini lulus Bidikmisi,lalu thun dpan aku daftar PTN dan lulus,trus aku milih ptn itu,apakah boleh daftar Bidikmisi di PTN yg Bru itu lgi gak kk.
    Tolong di jawab kk🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya juga kurang tahu kalau kasusnya seperti itu. Mungkin bisa ditanyakan ke pengurus saja, ya :)

      Delete
  6. kak, kan saya penerima bidikmisi, kalau mau keluar adakah syarat/surat pengunduruan diri? karena saya tidak cocok terhadap prodi yang saya ambil, dan saya insyaallah mau pindah ke PTK? apakah ada sanksinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada syarat atau sangsi kok. Menghadap saja ke pengurus atau jurusan.

      Delete
  7. Kak, saya penerima beasiswa Bidikmisi tahun 2019, dan sekarang seharusnya saya kuliah semester 2, tapi saya tidak melakukan registrasi ulang dan saya pun tidak pernah masuk kuliah, orang tua saya menyuruh saya untuk pindah kuliah ke kampus yang dekat rumah, karena orang tua saya ingin merantau dan saya di suruh menjaga adik saya dikampung, apakah saya sudah di keluarkan dari bidikmisi? Atau saya harus konfirmasi ke pihak kampus tentang ini?

    ReplyDelete
  8. Kak, saya penerima beasiswa Bidikmisi tahun 2019, dan sekarang seharusnya saya kuliah semester 2, tapi saya tidak melakukan registrasi ulang dan saya pun tidak pernah masuk kuliah, orang tua saya menyuruh saya untuk pindah kuliah ke kampus yang dekat rumah, karena orang tua saya ingin merantau dan saya di suruh menjaga adik saya dikampung, apakah saya sudah di keluarkan dari bidikmisi? Atau saya harus konfirmasi ke pihak kampus tentang ini?
    Dan apakah saya harus mengembalikan uang yang sudah diberikan kepada saya selam satu semester?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya jika tidak melakukan registrasi ulang otomatis dikeluarkan. Tapi regulasi tiap kampus kan beda-beda. Sebaiknya kamu konfirmasi ke pihak pengurus dulu. Uang yang sudah pernah diperoleh tidak perlu dikembalikan kok.

      Delete
  9. kak, saya penerima bidikmisi tahun 2019, jika tahun ini saya mengundurkan diri dari kampus dan pindah kampus, apakah disuruh untuk mengembalikan uang yang sudah saya terima? termasuk living cost dan ukt

    ReplyDelete
  10. kak, saya penerima bidikmisi tahun 2019, jika tahun ini saya mengundurkan diri dari kampus, dan pindah kampus, apakah saya harus mengembalikan uang bidikmiis yang sudah saya dapat? termasuk ukt dan living cost

    ReplyDelete
  11. Saya mau tanya, saya bidikmisi udah lulus 3.5 tahun nah apakah emang masih dapat uang untuk semester 8? Karena perguruan tinggi bilang cair tapi nanti dikembalikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dar beberapa yg saya baca d grp fb, harusnya masih dapat si. cuma mungkin tergantung kampusnya lagi

      Delete
  12. kak, saya penerima bidikmisi tahun 2019, jika tahun ini saya mengundurkan diri dari kampus, dan pindah kampus, apakah saya harus mengembalikan uang bidikmiis yang sudah saya dapat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak. Tidak ada aturan seperti itu kok. Sejauh yang saya lihat di kampus saya sendiri, tidak pernah ada perintah mengembalikan uang bidikmisi jika dicoret maupun mengundurkan diri. Untuk lebih jelasnya kamu bisa tanyakan ke pengurus bidikmisi di kampusmu.

      Delete
  13. Assalamualaikum mau tanya ka.. Misalnya kalo kita mahasiswa Bidikmisi Trus kita berhenti karena tidak cocok dengan mata kuliah yg terpilih
    Tapi saat berhenti kita lupa melapor ke pihak Bidikmisi..
    Apakah kita di kenakan sanksi?

    ReplyDelete
  14. Kak mau nanya MOHON DI JAWAB YA:)
    Klo misalkan sudah mengundurkan diri dari beasiswa bidikmisi,kan katanya klo uda keluar bidikmisi nama kita udah d blacklist di univ manapun. Tpi klo misalnya mau ngambil beasiswa d univ luar negeri bisa ndak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tidak pernah ada kasus pengembalian beasiswa dan sampai blacklist segala. Untuk lebih jelasnya sebaiknya tanyakan ke pengurus bidikmisi kampusnya.

      Delete
  15. Kak saya mahasiswa semester 1 apakah masih bisa daftar kip kuliah di tahun depan?

    ReplyDelete
  16. kak, saya mau mngundurkan diri dr bidikmisi tp takut klo harus mengembalikan dana yng sudah dipakai, oiya untuk pengunduran diri apa kaha cukup dg surat atau harus ad dokumen yg dilampirkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa surat saja sudah cukup. Tenang, nggak ada sejarahnya kok uang bidikmisi diminta lagi.

      Delete
    2. klo kk bidikmisi angkatan tahun brpa ka?

      Delete
  17. sy bingung alasan yg tepat untuk pengunduran diri apa ya? saat ini sy tdk nyaman dg prodi yg kampus pilihkan untuk sy, sy sudah pernah menympaikan ini k pihak kampus justru sy merasa dpojokkan. gmn ya? ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju dengan pihak kampus kakak..sebelum nya kita pasti diminta memilih prodi yang diminati ga mungkin kampus yg nentuin. Kalau diantara pilihan kita bukan pilihan pertama yg di lulusin juga itu masih wajar, kalau kakak bilang nggak nyaman sedikit terdengar kurang bijak jika keluar dari kita sebagai mahasis Bidikmisi yang mana posisi ini diperebutkan dan diseleksi di antara banyak nya anak bangsa. Ayok tegas, berani mulai pastikan juga kita yang menuntaskan nya dengan baik. Saya yakin semua mahadiksi punya cerita inspiratif nya sendiri perjuangan dan latar belakang keluarga yg sulit. Namun itu justru yang bikin kita jadi anak bangsa terpilih dan istimewa dari yang lain

      Delete
  18. Kak saya bidikmisi 2020 kalau saya mengundurkan diri apakah harus mengembalikan uang biaya kuliah selama smstr 1 dan 2 kak?

    ReplyDelete
  19. Kak kalau semisal mengundurkan diri dari beasiswa kip trs daftar KIP taun depan masih bisa ngga y a ? Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Kak istri sy mau berhenti kuliah tetapi kata rektor uang bidik misi harus di kembalikan

    ReplyDelete
  21. Kk saya mau nnyk saya kn pas semester 5 saya berhenti kuliah kebetulan saya anak Bidikmisi nah saya gk ada daftar ulang krma saya kira pas saya gk daftar ulang otomatis sdh dihpus saya kiranya begitu nah saya gk ada info ke dosen , kemudian tiba tiba uangnya Bidikmisinya msuk , sblm msuk itu nama saya masih ada di dikampus pdhl saya sdh berhenti mungkin krna saya gk ada lapor , namun skrng sdh gk ada nama saya, apakah uang Bidikmisi itu di minta dikembalikan

    ReplyDelete
  22. Kak kalau penerima Bidikmisi angkatan 2020 mau nikah dsuruh mengembalikan uang Gk🙏

    ReplyDelete
  23. Kak saya mau bertanya, klw yg penerima Bidikmisi apa bole udah punya keluarga?
    Dan apa sangsi nya

    ReplyDelete