Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perjalanan Dimash Kudaibergen di Singer 2017


Impian setiap penyanyi adalah rasa diterima dan diaplause oleh audiensya -Dimash
Assalamu 'alaikum.

Kemarin ada member Dears Indonesia bernama miqnonne, ngasih link artikel tentang dimash di kompertisi singer 2017 ke saya lewat whatsapp dan minta dibikinin artikel versi indonya.

Jujur saya senang banget bisa dapet feedback yang luar biasa dari pembaca blog langsung. Apalagi sampai dikasih ide tulisan ( lumayan buat nambah penghasilan dari adsense yekan :v). Setelah minta ijin ke pemilik artikel asli, lahirlah tulisan sederhana ini. So,....Happy reading!

Link artikel asli http://dimash.co.uk/the-singer-2017/

Perjalanan Dimash Kudaibergen Selama Mengikuti Kompetisi 'The Singer 2017' di China



Seperti yang sudah kita ketahui, karir dimash menanjak pesat setelah penampilan pertamanya di kompetisi The Singer 2017 lalu di china sukses menarik perhatian khalayak kala itu.

Ajang ini benar benar mengeksplor kemampuan vokal Dimash dengan berbagai gendre lagu. Mulai dari pop, rock, opera, hingga ballad. Penampilannya yang penuh totalitas (bahkan saat sakit sekalipun) membuatnya dikenal oleh banyak pecinta musik di berbagai negara terutama di China, yang merupakan tampat perhelatan 'The Singer' sendiri.

Ajang ini seperti pintu gerbang bagi Dimash untuk dikenal dunia bahwa dia adalah penyanyi yang istimewa. Penyanyi yang memiliki kualitas mumpuni. Penyanyi berhati lembut denang kepribadian yang baik. Penyanyi yang benar benar mencintai negaranya dan penyanyi yang memiliki passion yang besar dalam bermusik.

Salah satu hal yang paling saya suka dari pribadi dimash adalah sifatnya yang perfeksionis. Dalam kondisi apapun, Dimash selalu berusaha menampilkan yang terbaik dan tidak pernah mengecewakan para fans. (Anyway sampai saat ini saya tidak pernah kecewa dengan satupun penampilan Dimash dipanggung)

totalitas dimash meski saat menderita sakit tenggorokan

Kadang saya suka melotot sendiri kalau Dimash udah mulai bermain-main dengan nada tinggi seolah olah narik nada tinggi itu kayak orang lagi narik napas. Kok bisa gitu ada penyanyi cowok dengan range vokal segila ini, yakan?

Pas nembak nada tinggi bisa sampai nada yang tinggi banget, begitupun di nada rendah, bisa menjangkau sampai nada yang rendah sekali. Dan kerennya, dua duanya itu enak di dengar. (Ok, kayaknya saya udah ngelantur lagi kemana mana).

Ajang ini sendiri adalah ajang tahunan yang diikuti oleh penyanyi dalam maupun luar china seperti Shila Amzah pada 2014, Dimash dan Band Taiwan 'Lion' pada 2017 dan Jessie J pada tahun 2018 serta banyak artis lainnya yang nggak bisa saya sebut satu persatu.


Daftar Lagu yang Dibawakan Dimash di tiap Episode The Singer 2017




Total lagu yang dibawakan oleh Dimash dalam 14 espisode the Singer adalah 13 lagu sebagai berikut :
  1. SOS D’un Terrien en Detresse’ (French) Penyanyi asli Daniel Balavoine    
  2. Opera 2’ (Russian) Vitas
  3. The Show Must Go On’ (English) Queen
  4. Late Autumn’ (Mandarin) Jacky Cheung
  5. Uptown Funk’ (English) Bruno Mars
  6. Adagio’ (English) Lara Fabian
  7. Daididau’ (Kazakh) unknown
  8. Daybreak’ (Mandarin) Han Hong
  9. All by Myself’ (English) Eric Carmen
  10. Unforgettable Day’ (Kazakh/Mandarin) Dimash Kudaibergen
  11. Ultimate Breakout Round – Dimash sudah bisa ke final, jadi tidak tampil lagi.
  12. Confessa & The Diva Dance’ (Italian) Adriano Celentano
  13. A Tribute to Michael Jackson’ (English)*duet dengan Laure Shang 
  14. Gala: ‘Give me Love’ (Kazakh) Dimash Kudaibergen
  15.  
Dari daftar di atas, terlihat bahwa dalam kompetisi ini Dimash juga membawakan 2 lagunya sendiri yaitu Unforgetable day (my very favorite song btw) dan Give Me Love (lagu yang artinya dalem banget, kesan lagunya sedih dan disini Dimash seperti memohon : beri aku cintah T_T).

Semua penampilan Dimash dengan lagu lagu diatas bisa kamu tonton sendiri di youtube dengan cara memasukan nama dimash dan judul lagu yang tertera.

Kalau ditanya penampilan faforit selama kompetisi, maka saya akan menjawab semuanya bagus dan nggak ada yang jelek. Tapi kalau harus memilih, saya paling suka Late Auntum, Daybreak, dan Unforgetable day (Semuanya lagu sedih). Saya nggak tau kenapa tapi tiap Dimash menyanyi lagu sedih, rasanya itu nyampe banget sampai ke ulu hati,wkwkw.

Result Selama Dimash di Singer 2017



Total episode Singer 2017 adalah 14 episode dengan episode terakhir adalah Gala, artinya bukan kompetisi lagi tapi semacam acara perpisahan. 10 episode pertama dibagi menjadi 5 ronde, dengan masing masing ronde terdiri dari 2 episode.

Tiap episodenya dilakukan vote untuk menentukan siapa posisi pertama sampai terakhir. Berikut adalah rangkuman pencapaian Dimash selama kompetisi berlangsung :

Episode 1 =  Posisi 1
Episode 2 =  Posisi 1
Rata-rata result Round Pertama : Posisi Pertama (1st)

Episode 3 =  Posisi 3
Episode 4 =  Posisi 3
Rata-rata result Round Kedua : Posisi Kedua (2nd)

Episode 5 =  Posisi 6
Episode 6 =  Posisi 1Rata-rata result Round Ketiga : Posisi Kedua (2nd)

Episode 7 =  Posisi 3
Episode 8 =  Posisi 5
Rata-rata result Round Keempat : Posisi Kelima (5th)

Episode 9   =  Posisi 2
Episode 10 =  Posisi 3
Rata-rata result Round Kelima : Posisi Pertama (1st)

Episode 11 Breakout

Semi- final =  Posisi Kedua
Final           =  Posisi Kedua
Rata-Rata Keseluruhan Penampilan = Pemenang Kedua/Runner Up (2nd)


Fakta-Fakta Dimash Selama Kompetisi 


1. Menyanyikan lagu dengan 6 bahasa berbeda termasuk bahasa China yang membuat audiense sangant senang. 4 bahasa lainnya Dimash pelajari liriknya secara fonetis.

bertemu idolanya jacky cheung

2. Mengcover lagu dengan berbagai gendre, yaitu pop, rock (The Show Must Go On), opera (Opera 2, The Diva Dance) dan ballad (All By Myself, Adagio).

3. Menampilkan instrumen orkhestra indiviual dalam tiap lagunya, seperti seruling, harpa, gitar listrik dan akustik termasuk instrumen yang dia mainkan sendiri, yaitu Piano (Adagio), Dombra (Daidiau) dan Drums (A Tribute to Michael Jackson).

memainkan beberapa alat musik

4. Selalu memastikan tiap roundnya berbeda - Style (pakayan,rambut, dll), lighting, aransemen musik, dan aksi panggung. Dengan penampilan dan suara yang tidak biasa, setiap penampilan selalu unik dan tidak bisa ditebak.

selalu tampil beda

5. Setengah dari lagu yang dibawakannya memiliki makna history yang mendalam. Makna lagu tersebut berhasil disampaikan Dimash dalam setiap penampilannya meskipun bahasa yang dinyanyikannya tidak dimengerti oleh audience sama sekali. Kembali lagi ke kemapuan penjiwaan lagu yang baik dari Dimash ya.

6. Tidak hanya dikenal sebagai "imported little big brother" tetapi juga sebagai ''The Wings of Kazakhstan" karena seringnya Dimash bercerita tentang negaranya. Dimash memang benar benar mencintai negaranya dan lewat musik, dia memperkenalkan negaranya ke seluruh dunia.

7. Di asia dan di beberapa belahan dunia melalui sosial media, fan basenya meningkat drastis. Tak lama kemudian, Dimash memutuskan untuk memanggil seluruh fansnya sebagai "Dears". Menurut Dimash, 'dear' adalah seseorang yang selalu dekat dihati, dan fansnya akan selalu dekat di hati Dimash. (Awww....wwkwkwk)

Pemenang kompetisi ini adalah Sandy Lam, seorang penyanyi veteran asal Hongkong dengan pengalaman karir lebih dari 30 tahun. Meski Dimash berada di posisi kedua, semua mengakui bahwa Dimash telah menaikkan level dari kompetisi ini baik dari segi aksi panggung maupun olah vokal.

Sejak 'singer' mulai di tayangkan, saya mulai meraih banyak fans dari china maupun di berbagai belahan dunia. Ini telah melampaui mimpi terliar saya. Para fans dan cinta mereka telah membuat saya menjadi pemenang. Karir saya mengalami kenaikan yang luar biasa karena ajang ini dan saya sangat bersyukur dan bahagia.

So, meskipun tidak berakhir sebagai pemenang, Dimash benar-benar menjadi bintang utama di ajang ini bahkan sampai tahun 2019 ini Dimash tetap menjadi penyanyi yang selalu dinantikan di China dan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Ok, saya rasa cukup sampai disini pembahasan mengenai perjalanan dimash di Kompetisi Singer 2017. Untuk informasi yang lebih lengkap kamu bisa membacanya di Wikipedia (Bahasa Inggris).

Mohon maaf kalau banyak kata kata saya yang absurd dan nyeleneh ya, karena pada asarnya sebagian besar isi artikel ini ada hasil translate saya sendiri.

Semoga harimu menyenangkan dan mari berdoa semoga suatu hari Diko bisa main main ke Indonesa.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

6 comments for "Perjalanan Dimash Kudaibergen di Singer 2017"

  1. jangkauan suaranya wide banget kak, tau bass, baritone, tenor dan soprano kak? dimash bisa melewati itu semua, bahkan dia bisa mencapai nada cewe kayak E6 yang sering dia pake

    ReplyDelete