Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendediksikan Cerita di Wattpad melalui Android


Assalamu 'alaikum.

Dalam sebuah cerita yang kita buat di wattpad, setiap bagian atau part bisa kita bubuhi dengan yang namanya dedikasi kepada author lain. Entah author itu adalah sumber inspirasi kita, atau kita sedang membuat rekomendasi cerita dan ingin mendedikasikan kepada authornya.

Dedikasi hanya dapat di buat di wattpad versi web yang dapat dengan mudah kamu lakukan di laptop atau PC. Namun bagaimana jika kita ingin membuatnya di android? Untuk menjawabnya, silahkan ikuti petunjuknya di bawah.

Perlu diignat bahwa cerita yang dapat di dedikasikan adalah chapter yang telah diterbitkan atau dipublikasikan sebelumnya.

Di cerita ini saya akan merekomendasikan bagian atau chpter pertama dari cerita saya kepada Lovita Cendana yang memiliki nama pengguna @Cendarkna.



Mendedikasikan Bagian atau sebuah chapter di Wattpad di Android

  1. Buka wattpad.com di browser kamu dan login seperti biasa
  2. Klik ikon profil kamu

  3. Pilih Profil saya

  4. Scroll ke bawah dan pilih Tampilkan situs penuh. Dengan memilih mode ini, kamu akan masuk ke tampilan seperti di desktop atau laptop.

  5. Pada bagian Cerita Oleh, klik ikon gerigi (⚙) untuk menampilkan editor cerita

  6. Klik judul cerita yang akan di tambahi dedikasi

  7. Klik bagian atau chapter yang akan ditambahi dedikasi. Misalnya bagian 1

  8. Di pojok kanan atas, Klik tanda titik 3 (...)




  9. Pada bagian dedikasi, klik Tambah

  10. Tekan lama bar Tambahkan seseorang sampai berwarna kebiruan. Lalu klik lagi bar tersebut untuk mulai menulis nama author yang akan di tambahkan.

  11. Ketikkan nama pengguna author (tanpa tanda @) sampai muncul rekomendasi nama author dari wattpad. Klik rekomendasi tersebut. Terakhir klik tombol Mendedikasikan.


Penambahan dedikasi telah selesai dilakukan. Sekarang chapter yang di tambahakan dedikasi tadi akan memunculkan info dedikasi yang telah kita tambahkan di bawah Header Chapter.

Dedikasi berhasil dibuat


Author yang kita tambahkan ini nantinya bisa di klik oleh pembaca dan akan langsung di arahkan ke profil author tersebut.

Keluar dari Mode Tampilan Situs Penuh


Untuk keluar dari mode desktop dan kembali ke mode ponsel, silahkan ikuti petunjukanya di bawah :

  1. Kembali ke profil wattpad kamu
  2. Scroll layar handphone ke bawah dan pilih Kembali ke ponsel


Membatalakan Dedikasi 


Untuk membatalkan dedikasi, caranya hampir sama seperti menambahkan dedikasi.

  1. Pada chapter yang akan dihilangkan dedikasinya, Klik tanda titik 3 (...) di pojok kanan atas dan pada bagian Dedikasi, klik Ubah

  2. Klik Buang


Sekarang dedikasi yang telah di tambahkan sudah terhapus dan bisa di tambahkan lagi dedikasi kepada author lain sesuai keinginan.


Itulah tutorial mengenai pembuatan dedikasi cerita di wattpad. Semoga bisa membantu kamu yang ingin menambahkan dedikasi tetapi tidak memiliki laptop. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui opsi tampilan desktop di android.

Selamat menulis!

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Cara Mendediksikan Cerita di Wattpad melalui Android"