Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghitung Luas Tanah Secara Online di Google Maps


Assalamu 'alaikum.

Menghitung luas tanah online dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan Google Map. Meskipun tidak akan seakurat menghitung secara langsung, cara ini dapat membantu kamu yang membutuhkan data luas sebuah lahan untuk keperluan tugas.

Sebagai mahasiswa arsitektur, pengetahuan akan luas sebuah bidang tanah adalah sebuah keharusan. Data luas tanah akan menentukan apakah sebuah lahan dapat kita gunakan atau sesuai untuk projek bangunan yang akan kita buat.

Dengan menggunakan google map, kita dapat memperoleh data luas lahan secara cepat dan tanpa ribet. Lalu bagaimanakah cara mengukur luas tanah secara online? Simak penjelasannya di bawah :

Menghitung Luas Tanah di Google Map


Untuk dapat menggunakan google map sebagai alat penghitung luas tanah, sobat harus membukanyadi laptop atau PC. Hal ini karena fungsi penghitung luas ini belum tersedia di android.

1. Buka https://www.google.com/maps. Silahkan login terlebih dahulu jika belum.

2. Ubah ke mode Satelit dengan mengklik opsi satelit

Menghitung luas Tanah

3. Cari lokasi yang ingin kamu ukur di bar pencarian

Mengukur luas tanah online

4. Zoom tapak atau tanah yang akan di ukur


5. Patikan pointer mouse berada di titik awal pengukuran


6. Klik kanan pada Tapak di titik yang akan dijadikan titik awal tadi. Pilih Ukur Jarak


7. Sekarang titik awal telah terbentuk.


8. Klik Titik kedua



8. Klik titik ketiga, keempat dan seterusnya sampai kembali ke titik pertama. Titik titik ini sejatinya masih bisa di atur posisinya sesuai keinginan untuk mendapat pengukuran yang tepat. Jumlah titik juga tidak terbatas, silahkan sesuaikan dengan bentuk tapak yang di ukur.



9. Setalah semua titik tersambung, lihat angka yang tertera di layar. Di sini luas total yang terbentuk adalah 6.002,45 m² atau sekitar 0,6 Ha


Itulah cara menhitung luas tanah menggunakan google map. Sangat mudah bukan? Dengan cara ini kamu tidak perlu pusing menghitung luas tanah yang besar secara manual. Cukup buka google map dan semuanya beres.

Semoga artikel ini bermafaat dan jangan ragu untuk berkomentar di kolom komentar ya.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Cara Mudah Menghitung Luas Tanah Secara Online di Google Maps"