Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Membuat Akun Wattpad dan Pengaturan Lainnya (update 2021)

cara lengkap membuat akun wattpad




Terakhir diupdate : Januari 2021 Jan

Assalamu alaikum.

Kamu hoby membaca novel tapi nggak punya uang lebih untuk membeli novel di toko buku? Atau sobat ingin belajar membuat novel tapi bingung mau menulisnya dimana? Jika demikian, maka wattpad adalah jawabannya.

Wattpad adalah aplikasi membaca dan menulis novel yang bisa didownload secara gratis di playstore.

Dengan aplikasi ini, sobat bisa membaca karya karya para penulis di wattpad yang jumlahnya sangat banyak, entah itu dalam bahasa indonesia atau bahasa inggris jika sobat memang jago berbahasa inggris.

Selain membaca, sobat dapat membuat cerita sendiri dan membagikannya ke orang orang agar bisa dibaca. Siapa tahu sobat bisa sukses menjadi novelis suatu hari nanti.

Sudah tak terhitung lagi banyaknya jumlah novel wattpad yang akhirnya dibukukan karena memiliki cerita yang menarik dan telah dibaca jutaan kali. Sobat juga bisa, asalkan tulisan sobat menarik dan banyak yang suka.

novel watpad
novel wattpad yang dibukukan

Saya pribadi mengenal wattpad sejak 2016 dan masih sering menggunakannya hingga sekarang, meskipun hanya sebagai pembaca dan bukan penulis.

Di postingan ini saya akan membuat tutorial lengkap bagaimana cara menggunakan aplikasi ini, mulai dari cara mendaftar wattpad, sampai pada memilih cerita yang menarik. Untuk tutorial membuat cerita sendiri, saya akan membuatnya di postingan lain.






Cara membuat akun wattpad

  • Download wattpad di Playstore atau klik di sini

  • Buka aplikasinya dan klik “Bergabunglah secara gratis"

    membuat akun wattpad gratis

  • Ada 3 cara untuk mendaftar. Pertama melalui akun google, facebook, dan menggunakan alamat email atau surel. Di bawah ini adalah penjelasan cara membuat akun dengan ketiga metode tersebut.

1. Mendaftar Dengan akun Facebook

Berikut adalah cara mendaftar akun watpad melalui Facebook :
  • Pilih Facebook
     
    pilih facebook

  • Masukan Nomor ponsel/email dan sandi facebook sobat lalu kluk masuk

    masukkan email dan sandi facebook

  • Klik lanjutkan sebagai (nama fb kamu)
     
    lanjutkan dengan akun fb

  • Masukan email sobat lalu klik Berikutnya di pojok kanan atas atau di keyboard ⟶ seperti gambar di bawah,

    masukkan alamat email

  • Akun wattpad sobat sudah jadi. Untuk langkah selanjutnya silahkan kamu ikuti petunjuk yang ada di layar, atau baca di bagian Lanjutan Setelah Membuat Akun yang ada di bawah.

2. Mendaftar dengan Akun Google

  • Pilih Google.

    daftar wattpad dengan google

  • Jika kamu punya beberapa akun google / email, silahkan pilih salah satu

    memilih akun google untuk wattpad

  • Di sini ada beberapa penyampaian, kamu scroll ke bawah dan pilih Izinkan

    memberikan izin wattpad

  • Akun wattpad telah jadi. Untuk selanjutnya, silahkan ikuti cara di bagian Lanjutan Setelah Membuat Akun di bawah.

3. Mendaftar Ke Akun Wattpad dengan Email

  • Isikan alamat email/surel. Pastikan email tersebut belum pernah dipake untuk mendaftar wattpad. Jika tanda centang biru ✔️  muncul, artinya email itu bisa kamu pake. (contoh di bawah)

    membuat akun wattpad dengan alamat email

  • Isi nama pengguna. Nama ini akan jadi nama anda di wattpad nanti. Masukkan nama pengguna minimal 6 huruf dan terdiri dari satu kata.

    Pastikan nama tersebut belum dipake orang lain. Jadi buatlah seunik mungkin sampai muncul centang biru ✔️ seperti di atas. (jika ada tanda seru merah ❗, artinya nama tersebut sudah dipake orang lain dan kamu harus mencari nama lain sampai centangnya muncul.

  • Isikan kata sandi (usahakan panjang dan sulit)
  • Masukkan tanggal lahir kamu.
  • Setelah semua kolom terisi, Klik Daftar. Selanjutnya ikuti petunjuk di bawah.

Lanjutan Setelah Membuat Akun (baik mendaftar dengan facebook, google, maupun email)

Setelah mengklik Daftar saat menggunakan email atau mengklik Izinkan saat menggunakan akun google atau mengklik Lanjutkan saat menggunakan facebook, langkah selanjutnya adalah mengisi beberapa hal. 

Simak penjelasannya berikut.

#1 Di sini kita diminta memilih minat. Jika kamu suka menulis dan membaca, pilih Saya suka keduanya lalu klik Berikutnya.
 
memilih minat di wattpad

#2 Jelaskan tentang dirimu. Di sini saya pilih saja Saya biasanya menulis sebagai hobi.
 
menulis karena hobi

#3 Sudah pernah menulis novel? Karena belum pernah, pilih saja Tidak.
 
membuat akun secara lengkap di wattpad

#4 Memilih gender. Jika kamu laki laki seperti saya, tentunya pilih Laki-laki lalu klik Berikutnya.
 

#5 Pilih minimal 3 jenis cerita atau genre yang kamu suka. Misalnya Romansa, Chicklit, dan Fantasi lalu klik tombol Selesai.
 
memilih jenis cerita kesukaan di wattpad
 
#6 Akun selesai dibuat, Klik Start Reading untuk mulai bermain di wattpad. 
 
akun siap diverifikasi

Langkah Penting : Verifikasi Email

Setelah semua proses di atas kamu lakukan, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah verifikasi email. Hal ini penting agar kamu bisa menggunakan semua fitur yang ada di wattpad.

#1 Buka alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar tadi (bisa di gmail.com atau aplikasi gmail)
 
#2 Buka email dari wattpad seperti ini (jika tidak muncul, coba periksa di bagian kategori email Sosisal)
 
membuka email wattpad untuk verifikasi akun wattpad

#3 Klik Tombol Aktifkan Akun.
 
mengaktifkan akun wattpad melalui verifikasi email

#4 Jika muncul seperti ini, pilih Wattpad. Secara otomatis kamu akan diarahkan ke aplikasi wattpad lalu pilih Hanya sekali dan proses verifikasi email telah selesai.
 
verifikasi akun wattpad selesai

Akun wattpadmu kini telah jadi seutuhnya. Kamu sekarang bisa membaca dan menulis cerita dengan bebas serta gratis tentunya.

akun wattpad siap untuk digunakan

 

Cara Membuat Dua Akun atau Lebih di Wattpad

Karena banyak yang bertanya tentang bagaimana cara membuat dua akun wattpad sekaligus dalam satu handphone, maka akan saya jelaskan di sini. Caranya sangat simpel. Kamu hanya perlu membuat akun gmail tambahan di google dan kemudian membuat akun wattpad baru dengan email tadi.

Hingga sampai hari ini, membuat akun gmail sangatlah mudah. Kita tidak diharuskan lagi memferivikasi email dengan nomor telepon. Cukup daftar, dan jadi deh. ( Baca : Cara Membuat Akun Gmail tanpa Verifikasi Nomor Hp).

Langkah Langkah Membuat Akun Wattpad Baru 

Untuk bisa membuat akun baru, kamu harus terlebih dahulu Keluar dari akun pertama. Caranya adalah:
  • Klik ikon profil yang ada di pojok kanan atas lalu klik ikon setting ⛭

    membuat akun wattpad kedua

  • Scroll ke bawah dan klik Keluar. Sekarang kamu bisa kembali membuat akun baru dan akun yang pertama tadi dalam posisi logout.

    keluar dari akun wattpad

Untuk berganti ganti antara akun pertama dan kedua, kamu tinggal keluar dan login ke akun lainnya dengang mengklik tombol Masuk seperti di bawah, lalu masukkan email dan sandi akun yang ingin kamu masuki. 

berpindah akun wattpad
 

Itulah beberapa cara membuat akun wattpad serta membuat akun kedua di wattpad. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan aplikasi wattpad, silahkan lanjutkan ke tulisan yang ada di bawah.

 

Beberapa Pengaturan di Wattpad

Di bawah ini adalah beberapa tutorial yang bisa kamu ikuti jika baru saja membuat akun wattpad dan belum paham bagaimana cara menggunakannya.

Cara Menambahkan Cerita ke Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat sobat menyimpan cerita cerita untuk bisa dibaca secara offline di kemudian hari  tanpa perlu menggunakan paket data.

Di perpustakaan sendiri terbagi lagi menjadi dua bagian. Yaitu perpustakaan biasa dan perpustakaan offline. Perpustaakaan biasa letaknya ada di bawah dan hanya bisa dibaca saat mengaktifkan paket data.
 
Sementara perpustakaan offline berisi cerita yang bisa kamu baca secara offline atau tanpa mengaktifkan paket data posisinya ada di atas. Batas cerita yang bisa ditambahkan ke daftar offline hanya sampai 25 cerita (Update 2021 : kini hanya 2 cerita saja). Jika penuh, kamu harus menghapus salah satu untuk menambahkan cerita yang baru.
 
perbedaan perpustakaan di wattpad


# Cara Menambahkan Cerita ke Perpustakaan Biasa

Perpustakaan biasa adalah tempat kamu menyimpan cerita agar mudah dibaca lagi di kemudian hari. Harus dibaca dengan paket data.
 
Ada banyak cara untuk menemukan cerita di wattpad. Kamu bisa mencarinya di bagian halaman utama seperti di bawah, yang berisi rekomendasi cerita yang bisa kamu pilih.
 
halaman utama wattpad

Atau menggunakan fitur search seperti di bawah. Kamu bisa mencari di kolom search atau menjelajahi cerita berdasarkan rangking pada masing masing topik. 
 
mencari cerita di wattpad

Di wattpad sendiri ada 2 jenis bacaan, yang pertama adalah cerita berbayar dan cerita gratis. Cerita berbayar tidak bisa dibaca gratis kecuali hanya bagian pratinjaunya saja. Cerita berbayar di tandai dengan tanda seperti di bawah. Sementara cerita gratis tidak. 
 

jenis cerita di wattpad 

 

Oke sekarang kita akan belajar menambahkan cerita ke perpustakaan biasa

  • Buka cerita yang membuatmu tertarik. Kamu bisa membaca deskripsi singkatnya di bagian bawah. Jika tertarik, kamu bisa mengklik tombol Baca.


  • Jika kamu suka dengan ceritanya, kamu bisa mengklik layar, lalu klik ikon menu ☰ di pojok kanan atas ini.


  • Pilih Tambahkan Ke Perpustakaan.


  • Selesai, cerita tadi bisa kamu cek di bagian perpustakaan  
Sedikit tambahan, di wattpad sendiri ada cerita yang sudah lengkap ada pula cerita yang masih ongoing atau bersambung. Cerita yang lengkap atau sudah selesai ditandai dengan keterangan lengkap seperti di bawah yang bisa kamu lihat ketika membaca deskripsi cerita (lokasinya di bawah sekali).
 

 

#Menambahkan Cerita ke Daftar Bacaan Offline.

Hampir sama dengan menambahkan cerita ke perpustakaan biasa, bedanya adalah kamu harus mengklik ikon Download seperti di bawah sampai ikonnya berubah menjadi ceklist ✔️


 

Menghapus Daftar Bacaan Offline

Seperti yang saya jelaskan di awal, bahwa perpustakaan offline terbatas hanya sampai 25 cerita. Jika kamu mau menabahkan cerita baru ke daftar offline ini, kamu harus menghapus salah satu atau beberapa cerita yang ada untuk memberi ruang bagi cerita baru. Nantinya cerita yang terhapus ini akan pindah ke bawah ke perpustakaan biasa.

#1 Sentuh lama cerita yang akan dihapus.

#2 Pilih Hapus dari Daftar Offline 

Dengan begini ruang untuk cerita baru di daftar offlinemu telah ada kembali.


Cara Membuat Daftar Bacaan di Wattpad

Daftar bacaan adalah list berisi daftar cerita faforit sobat yang bisa dilihat oleh orang lain yang sedang membuka profil kita. Daftar bacaan ini seperti daftar rekomendasi cerita yang ingin kamu perlihatkan kepada pengikut ataupun orang yang mengunjungi profilmu. 
 
Di bawah ini merupakan contoh daftar bacaan yang saya buat. 
 
 
Lalu bagaimana cara membuat daftar bacaan ini? Simak penjelasannya berikut:
  • Buka profil kamu dengan mengklik ikon profil di tab halaman utama bagian atas

  • Scroll ke bawah sampai kamu menemukan bagian Daftar bacaan, tekan ikon titik tiga ፧ dan pilih Buat Daftar Bacaan.


  • Tuliskan nama daftar bacaanmu. Misalnya di sini saya tulis Rekomendasi. Kemudian klik Buat.


  • Pilih cerita yang ingin kamu tambahkan (cerita yang muncul adalah cerita yang ada di perpustakaanmu) lalu klik ikon centang ✔️


  • Selesai, daftar bacaanmu sudah jadi.


Untuk Tutorial lainnya yang lebih banyak lagi tentang cara menggunakan wattpad bisa kamu baca  di postingan ini : Beberapa Pengaturan wattpad

Kesimpulan







Membuat akun wattpad sejatinya sangat mudah dan cepat. Yang sulit adalah bagaimana menemukan cerita yang menarik. yaitu cerita yang tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga pengetahuan baru yang bermanfaat.

Selektiflah dalam memilih cerita di wattpad karena banyak sekali cerita abal abal dan tidak layak dibaca bertebaran disana. Selalu perhatikan juga tagar ketika memilih cerita yang hendak dibaca.

Baiklah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan di postingan ini. Have a nice day and happy reading.

La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

Post a Comment for "Panduan Lengkap Membuat Akun Wattpad dan Pengaturan Lainnya (update 2021)"