Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Fungsi Make Component pada SketchUp


Mengenal perintah make component

Setiap kali mengikuti video tutorial sketchup di Youtube, saya sering melihat para master sketchup memakai fungsi make component pada objek tertentu. Ternyata, fitur make component ini berfungsi dalam membuat objek yang sama dalam jumlah banyak. Misalnya membuat pagar atau partisi bersusun dari kayu dan sebagainya.




Yang menarik, objek yang telah diberi perintah make component jika di duplikasi / di copy, lalu kemudian objek itu diedit, maka objek lain hasil duplikasi akan ikut berubah seperti objek yang di edit.

Penggunaan make component

Inilah mengapa fitur ini sangat berguna untuk membuat objek dalam jumlah banyak. Kita hanya tinggal mengedit satu objek, dan objek lain akan mengikut secara otomatis. Berbeda jika menggunakan fungsi Make group. Kita harus mengeditnya satu persatu.

Untuk menggunakan fungsi ini kita hanya perlu seleksi dengan mengklik tiga kali pada objek, lalu klik kanan dan pilih make component.
Pilih Objek > klik kanan > make component

(Untuk Baca Juga : Desain Kafe oleh Alan)


La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

2 comments for "Mengenal Fungsi Make Component pada SketchUp"