Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SUKA DUKA MAHASISWA BARU ARSITEKTUR

Siklus mahasiswa Teknik
Halo!!

Di postingan ini saya akan memaparkan beberapa hal yang saya alami selama menjadi mahasiswa arsitektur UHO di semester 1. Tulisan ini hanyalah opini saya sebagai salah satu mahasiswa teknik arsitektur UHO semester pertama. Bisa jadi hal yang saya rasakan berbeda dengan apa yang teman-teman saya rasakan.
Mungkin tulisan seperti ini sudah ada ribuan di internet. Tetapi tak ada salahnya kan jika saya mengeluarkan apa yang saya rasakan dan pikirkan kepada anda semua. 

Sekali lagi, ini hanyalah opini. Buat kamu yang belum tau apa itu opini, Opini itu adalah pendapat seseorang . opini tiap orang bisa berbeda atau dapat pula sama. So, this my opinion. Check it out!
 

Hari pertama ke fakultas


FT1

FT2

Fakultas Teknik UHO 
Mungkin ini bisa di bilang adalah salah satu  hari yang paling mendebarkan dalam sejarah hidup saya, selain hari ujian dan hari H olimpiade.  Mungkin kamu akan merasakan sendiri sensasinya saat kuliah nanti.  

2.  Tugas yang banyak


tumpkan tugas

       Kamu pasti kaget dengan tugas-tugas yang diberikan. Namanya masa peralihan, pasti kamu akan kaget dengan tugas yang di berikan oleh dosen yang seolah tiada hentinya. Bagi saya hal ini wajar karena Semester pertama merupakan masa pengenalan dan meraba-raba bagi maba.

        Kamu akan makin kewalahan dengan tugas –tugas itu jika kamu masih menjunjung tinggi adat istiadat di SMA, apalagi kalau bukan “tiba masa tiba akal”,  baru mengerjakan tugas saat waktu telah mepet.

      Sebaiknya  mulai deh, buang jauh jauh ideology yang kamu pegang  saat SMA itu. Karena SMA itu beda dengan kuliah. Sebenarnya yang membuat kuliah terasa berat adalah kebiasaan menunda nunda tugas. Tugas yang seharusnya menyenangkan bisa berubah menjadi alat penyiksa mahasiswa saat tugas dibiarkan menumpuk tanpa niat segera di kerjakan.

ilustrasi tugas

      Sebenarnya tugas tugas mahasiswa arsitektur itu sangat keren dan menyenangkan kok untuk di kerjakan. Karena tugas yang di berikan tidak melulu membebani otak kiri, tetapi turut melibatkan otak kanan, seperti menggambar atau mengatur komposisi warna.

      Tapi tenang, semester pertama memang agak berat. Tapi, di semester selanjutnya, Tugasnya jauh LEBIH berat. Haha. Sebenarnya di sinilah daya tahan dan kesungguhanmu di uji sehingga kamu dapat terbiasa di dunia kerja nanti. kelapa saja perlu sampai di kupas,diparut,bahkan diperas untuk dapat menjadi santan yang melezatkan masakan. begitupun dengan mahasiswa arsitektur.

      Ada pepatah mengatakan, discipline is the key of success, artinya disiplin adalah kunci kesuksesan.  Jadi, jangan pernah berpikir untuk menunda mengerjakan tugas sebelum kamu terbebani oleh  tugas. kerjakanlah saat memiliki waktu. Percayalah, hidupmu akan sangat indah saat tugasmu telah selesai jauh sebelum deadline.

3. Kekompakan.

arsitektur uho 2016
lagi lagi saya narsis :)

     Mungkin  ini adalah salah satu hal yang paling menyenangkan kuliah di teknik. Di sini, kekompakan adalah hal yang sangat menonjol dalam keseharian kuliah. Selama kuliah di semester pertama, setiap tugas yang ada hampir selalu dikerjakan bersama, entah itu di kampus maupun di rumah salah satu mahasiswa. Kekompakan mungkin sudah menjadi budaya d fakultas teknik, tak heran jika lulusanya sangat bisa di andalkan di dunia kerja, Karena handal bekerja dalam kelompok.

architecture 2016' Girls

       Saking kompaknya, kemana mana hampir selalu sama sama, dengan warna baju yang sama,The one and only, warna pemersatu anak teknik  -hitam.

    Selain itu, di teknik arsitektur peran senior sangat vital dalam memberi pengenalan tentang dunia perkuliahan. Dapat dikatakan bahwa tingkat kepedulian senior terhadap junior sangat tinggi. Jadi, jangan segan bertanya kepada senior jika ada hal-hal yang belum diketahui, tentunya dengan cara yang sopan dan santun.

4.  Merasa bingung saat libur semester.

      Saking terbiasanya kamu dengan deretan tugas yang selalu haus perhatian, kamu akan merasa hampa saat libur tiba. Bayangkan saja, saat kita telah terbiasa sibuk serta dibayang bayangi  tugas yang belum selesai, tiba tiba kita tidak mengerjakan apapun  dan tanpa beban pikiran  saat libur semester. 

      Otomatis  kamu pasti akan sangat merindukan masa aktif kuliah, masa lembur demi tugas yang akan di kumpulkan keesokan paginya.  Dan setelah libur usai  dan kembali disibukkan dengan tugas, maka saat itulah kamu akan merindukan liburan. Agak labil memang.

      Mungkin hanya itu dulu yang dapat saya bagi kepada kalian.  Maklum, baru memasuki semester dua, jadi belum terlalu banyak pengalaman. intinya, kuliah di arsitek itu sangat menyenangkan jika kamu memang punya passion di jurusan ini. banyak kejutan kejutan yang akan kamu dapatkan saat menjalani masa kuliah.

Oke, sekian untuk kali ini. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Baca Juga :
Dua Tahun Pertama di Jurusan Arsitektur
Mata Kuliah Semester 1 Jurusan Arsitektur


Update April 2020:

Ya  ampun saya ngakak baca postingan ini, wkwkwk. Untuk kamu yang baru membaca postingan ini, saat ini saya sudah berada di tahun akhir arsitektur. Doakan saja semoga tahun ini saya bisa lulus ya, hehe.
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

8 comments for "SUKA DUKA MAHASISWA BARU ARSITEKTUR"

  1. Aku mikirnya kalo kuliah di arsitektur, enak banget yaaa kalo mau bangun rumah bisa design sendiri, ga ush bayar jasa arsitek yg mahaaal hahaha :p. Aku sih anak ekonomi, tp dulu punya banyak temen di teknik arsitektur. Dan sukanya ama mereka kalo meliat tugas2 kuliahnya, gambar2nya bagus2 :p. Pgn deeeh bisa gambar kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Itu salah satu nilai plusnya. Cuma yaa... Untuk bisa dapet gelar sarjana arsitekturnya itu butuh banyak perjuangan.

      Delete
  2. Kak, kalau masuk jurusan arsitektur ada tes menggambar nya kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk di UHO tidak ada. Kurang tau juga kalau untuk kampus lain.

      Delete
  3. Kak kalau jadi mau jadi mahasiswa arsitektur wajib bisa gambar???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak wajib. Tapi setidaknya harus bisa gambar sedikit. Nanti bisa dilatih pas kuliah kok.

      Delete
  4. Kak saya ingin melanjutkan kuliah di jurusan arsitektur tahun depan saya selalu membayangkan bagaimana model rumah saya nanti dimasa depan😅 dan juga suka melihat lihat model bangunan di internet tetapi saya tidak terlalu bisa menggambar dan matematika saya tidak terlalu baik kecuali saya pelajari secara detail sendiri
    Apakah saya bisa masuk di arsutektur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya kemampuan menguasai matematika tidak begitu urgent atau penting dalam mempelajari arsitektur (bukan tidak penting sama sekali). Jadi kalau nggak jago mtk pun tidak masalah. Kalau urusan menggambar, bisa kamu latih mulai dari sekarang. Ingat menggambarnya bangunan, pohon dan tanaman, manusia (tidak terlalu detail) dan perabot perabot. Sebap kalau tidak bisa menggambar sama sekali pasti akan mengalami kesulitan nanti.

      Delete