Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATA KULIAH SEMESTER 1 JURUSAN ARSITEKTUR

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sesuai janji saya di awal, di postingan  ini saya akan memaparkan mata kuliah (MK) yang di pelajari di semester awal jurusan arsitektur. Karena saya adalah mahasiswa arsitektur dari Universitas Terluas di Indonesia Timur- Uiversitas Haluoleo, maka mata kuliah ini adalah yang saya pelajari selama kuliah di semester awal jurusan arsitektur UHO. Mungkin mata kuliahnya  agak berbeda dengan universitas lain, tapi secara garis besar pasti sama kok.

Sebelumnya, saya ingin sedikit bercerita kepada kalian, alasan saya tertarik untuk membuat blog bertema arsitektur ini. Pertama, berkaca dari pengalaman pribadi saya sendiri yang dulu bingung dengan jurusan yang akan di ambil saat kuliah. Sehingga informasi tentang jurusan yang mungkin ingin di ambil saat kuliah nanti sangat dibutuhkan. Maka, di sini saya ingin memberi sedikit informasi yang saya ketahui mengenai jurusan ini, dalam kapasitas saya sebagai  mahasiswa semester 2 tentunya. 

Selain itu, alasan saya membuat blog ini karena terinspirasi oleh blog yang dibuat oleh senior saya, alamatnya www.prince-g-syafrian.blogspot.com . sliahkan mengunjungi blog tersebut untuk mendapat ilmu yang lebih banyak lagi. Blog itu pula yang pernah saya buka saat SMA dulu, dan saya lumayan terbantu dan mendapat sedikit gambaran tentang perkuliahan di arsitektur dengan posting-postingan yang telah dipublikasikannya.

Baik, mungkin sudah cukup intermezzonya, mari kita kupas mata kuliah di semester pertama jurusan S1 teknik arsitektur UHO.



Baca Juga : 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kuliah di Arsitekur

1.      DASAR KOMPUTER


Yang pertama adalah mata kuliah DASKOM a.k.a dasar Komputer. Dari namanya undah ketahuan kan apa yang di pelajari di mata kuliah ini? Mata kuliah ini mempalajari tentang Komputer, mulai dari hardware sampai softwarenya. Dari mata kuliah ini saya akhirnya tau apa itu ati radeon, nvidia, processor i3,i5,dan i7, Dan Lain sebagainya. 


Di mata kuliah ini kita mempelajari tentang beberapa aplikasi yang umum digunakan, mulai dari MS. Word,Excell,Power Point, dan beberapa aplikasi grafis, seperti CorelDRAW, GIMP, Photoshop  dan Adobe Ilustator. Untuk semester pertama, kita memang belum di ajarkan mengenai apliakasi khusus arsitek, karena aplikasi itu nanti akan di pelajari pada semester tiga. Untuk tugas final, kami diberi tugas membuat infografis tentang lingkungan atau arsitektur. 

Saya kebagian tugas mebuat dengan aplikasi CorelDRAW, beserta tutorial dari aplikasi tersebut. Bermodalakan tutorial,saya mulai membuat sebuah infografis tentang lingkunngan, waktu yang di berikn dosen saat itu kurang lebih dua minggu, disertai asistensi tugas oleh dosen. saat asistensi,  Gambar pertama saya dinilai terlalu kekanak kanakan oleh dosen. Meski sempat down saat di kritik, tapi setelah dipikir lagi memang benar, kalau gambar saya terlalu ke kanak kanakan. Maka saya merubah total gambar yang telah saya buat tadi menjadi gambar yang berbeda. Ini penampakan dari gambar yang saya kumpul. Gambar pertama tidak perlu saya tampilkan. Biarlah itu menjadi kenang kenangan saya sendiri.

  
Berkat gambar ini, nilai daskom saya lumayan memuaskan J (padahal nggak ada yang tanya). Oh iya,infografis tersebut saya buat menggunakan CorelDRAW X7.

Baca : Aplikasi Komputer yang Wajib Dikuasai Mahasiswa Arsitektur
  Baca : Memilih Laptop untuk Mahasiswa Arsitektur

2.      GAMBAR ARSITEKTUR 1

Yang kedua ada gambar arsitektur 1 atau biasa disebut GA1. Ini termasuk mata kuliah yang utama bagi calon arsitek, karena di mata kuliah ini kita di ajarkan cara menggambar. Bagi kalian yang merasa tidak terlalu pintar menggambar, tenang aja. Di mata kuliah ini yang di gambar itu dimulai hal hal dasar dulu kok. Di mulai dengan membuat garis lurus, baik itu vertical, horizontal, maupun diagonal tanpa penggaris atau istlah kerenya freehand. Lalu dilanjutkan dengan garis putus putus, garis tebal dan garis tipis.

Sekali lagi, jangan khawatir jika kamu kurang pandai menggambar. Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan menggambarmu pasti meningkat. Tentunya harus dibarengi dengan latihan yang rutin dan intensif..

Setelah menggambar garis, kami mulai di tugaskan menggambar tampak bangunan sederhana, mulai tampak depan, samping maupun atas. Gambar bangunanya masih sangat sederhana, belum terlalu rumit. Selanjutnya kami diberi tugas menggambar komponen-komponen dari bangunan. Komponen itu meliputi manusia, pohon dan kendaraan.

Di tugas final, kelas kami mendapat tugas untuk menjiplak gambar yang telah di tentukan sebanyak 5 lembar. Untuk tugas yang satu ini, saya hampir tidak tidur semalaman. Dan paginya pun masih belum selesai. Wajar sih, karena waktu yang diberikan hanya sehari.

3.      KALKULUS

Kalkulus, atau bisa di sebut sebagai matematika ada di urutan ketiga. Mungkin saya tidak perlu banyak menjelaskan mengenai mata kulah ini. Materinya adalah kelanjutan dari matematika di SMA, seperti turunan, himpunan, diferensial, fungsi hiperbolic dan lain sebagainya. Intinya, rajin rajinlah mencakar di mata kuliah ini.

Hal yang menarik saat saya mengikuti mata kulah ini adalah kebijakan yang diberikan dosen. Di setiap pertemuan, dosen akan memberikan soal kuis. Bagi mahasiswa yang sanggup menjawab soal tersebut, maka mahasiswa itu akan dibebaskan dari final.

4.      PANCASILA

Di urutan ke empat ada mata kuliah umum. Mata kuliah pancasila  ini wajib hukumnya di pelajari  hampir di semua jurusan.  Sesuai namanya, mata kuliah ini mempelajari tentang ideologi resmi bangsa kita, yaitu pancasila.

Mata kuliah ini diisi oleh dosen yang sama dengan mata kuliah Pkn. Di mata kuliah ini dosen biasanya memberi tugas makalah mengenai materi yang dipelajari dan kemudian di diskusikan.

5.      PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Masih tentang mata kuliah umum, mata kuliah pkn. Materi dari mata kuliah ini pasti sering kita dapat saat di sekolah. Di jenjang perkuliahan,yang di pelajari tidak jauh berbeda dengan SMA, hanya saja pembahasnya lebih medalam. Sama seperti mata kuliah Pancasila, biasanya mata kuliah ini diisi dengan kegiatan diskusi kelompok.

Materi yang dipelajari berupa HAM, Hak dan Kewajiban warga Negara, Kependudukan, wawasan nusantara dan lain sebagainya. Rajin rajinlah bertanya kepada dosen jika ada hal-hal yang mengganjal di benakmu. Bagi saya,  mata kuliah ini lumayan menyenagkan untuk diikuti.
***** 
 Untuk menambah pemahaman kamu tentang dunia arsitektur, kamu bisa tonton video di youtube berjudul 24 jam arsitektur. Di video itu dijelaskan mengenai apa itu arsitektur dan bagaimana dunia kerja arsitek. Video ini sebelumnya disarankan oleh senior saya, dan setelah menonton video itu, saya jadi sedikit tau mengenai kehidupan mahasiswa arsitektur. So, this is a very recommended video.Kamu bisa liat Di Sini
Baik, cukup segini dulu,  untuk melihat kelanjutanya kamu bisa lihat di postingan selanjutnya Sini 

Update Agustus 2018




Pergantian ketua jurusan Arsitektur membawa perubahan yang bukan hanya pada pemimpin jurusan yang bernaung di Fakultas teknik ini. Perubahan juga terjadi pada kurikulum yang berdampak pada susunan mata kuliah.

Sebelumnya mata kuliah semester pertama terdiri dari :

1. Pancasila
2. Kewarganegaraan
3. Agama
4. Kalkulus
5. Mekanika Teknik
6. Gambar Arsitektur 1
7. Estetika Bentuk
8. Bahasa Indonesia
9. Dasar Komputer
10. Bahan dan Material Bangunan

Pada kurikulum yang baru, susunan mata kuliah semester 1 menjadi :

1. Pancasila
2. Ilmu Lingkungan
3. Kewarganegaraan
4. Agama
5. Gambar Arsitektur 1
6. Estetika Bentuk
7. Bahasa Indonesia
8. Bahan dan Material Bangunan
9. Teknologi Informasi
10. Bahasa Inggris Teknik
11. Pengantar Arsitketur
12. Mekanika bangunan




Perubahan kurikulum ini diharapkan dapat memperbaiki beberapa kekurangan yang ada pada kurikulum sebelumnya. Jujur agak kaget dengan kebijakan ini. Banyak mata kuliah yang berganti posisi semester dan berubah nama serta SKS.

Tapi tenang, untuk kamu yang baru masuk di jurusan ini tidak akan menemui masalah berarti. Berbeda dengan angkata lama yang harus menyesuiakan lagi nilai mata kuliah sebelumnya terhadap mata kuliah baru.

Di semester ini mata kuliah mekanika teknik dihilangkan dan diganti dengan mekanika bangunan yang sebelumnya dipelajari di semester 2. Saya sangat kaget dengan hilangnya mata kuliah ini. Untuk dapat nilai bagus di kelas ini sangat sulit, dan akhirnya nilainya terbuang sia sia.

Jumlah mata kuliah juga mengalami peningkatan. Peningkatan ini tentu akan membuatmu lebih sibuk di semester ini. Jadi harus pintar pintar mengatur waktu.

Apapun itu, tetap semangat jika kamu ingin kuliah di jurusan ini. Banyak kejutan kejutan yang tidak pernah kamu dapatkan di bngku sekolah sebelumnya.

Salam arsitektur.

Baca juga : Mengenal Arsitek Terkenal di Dunia

Update April 2020


Sampai saat ini kurikulum tersebut masih digunakan dan semester 1 masih terdiri atas 12 mata kuliah.

Oh iya, saya menulis update ini ditengah wabah corona yang makin meningkat. 2 Hari lagi sudah memasuki bulan puasa. Semoga ujian ini cepat berakhir. Aamiin. 
La Sidin
La Sidin Mahasiswa arsitektur pecinta seni, blogger pemula, Badminton Addict, Local guide level 5, dan Pecinta musik klasik serta pop,

29 comments for "MATA KULIAH SEMESTER 1 JURUSAN ARSITEKTUR"

  1. moga makin sukses gan jadi arsiktektur amin

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. selamat datang di Arsitektur Uho ya. Nanti diusahakan.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ini semester awal, jadi masih gambar pake contoh dari dosen.

      Delete
    2. Kalau untuk media tergantung perintah dari dosennya. Untuk kelasku nggak pake kalkir. Beda dengan kelas sebelah yang disuruh make kalkir. Semua kembali ke dosenya masing masing

      Delete
    3. Kak kalo ngk bisa gambar bisa masuk arsitek?soalnya mau banget masuk arsitek di uho tahun ini

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sebenarnya tergantung dosenya, sih. Dan jarang juga. Mungkin hanya dosen itu yang sempat ngasih kebijakan kayak gini. Jadi, belum tentu bakalan ada lagi

      Delete
    2. Semangat banget kayaknya mau kuliah,ya. Bagus bagus. Pertahankan semangatnya.

      Delete
  5. Makasih Bang sudah memberikan informasi, untung aja saya tepat waktu baca postingan nya, klo telat yaa... Gpp juga sih wkwkwk.... 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, sama sama. terimakasih sudah membaca tulisan ini.

      Delete
  6. Kalo ilnu matematis nya kurang cemana gan :(

    ReplyDelete
  7. Kalo ilnu matematis nya kurang cemana gan :(

    ReplyDelete
  8. Kalo ilnu matematis nya kurang cemana gan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jago matematika untuk anak arsitektur nggak terlalu krusial atau suatu keharusan kok. Bukan itu fokus utamanya.

      Delete
  9. Saya ingin jadi arsitek bang ,doain ya semoga bisa lulus dan masuk jurusan arsitek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga kamu bisa lulus di jurusan arsitektur dan diterima di universitas yang kamu inginkan, ya. Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar :)

      Delete
  10. bang,insyaallah tahun depan saya ingin mengambil jurusan arsitektur.tapi saya masih bingung dan takut dengan kebutuhan peralatan anak arsitektur yang terbilang agak mahal.mohon do'a nya bang.semoga saya bisa diterima jadi mahasiswa arsitektur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga apa yang kamu cita-citakan tercapai. Jangan takut dengan harga alat yang mahal. Semua bisa dibeli pelan-pelan kok. Percaya deh, dimana ada kemauan disitu ada jalan.

      Delete
    2. Assalamualaikum bang saya mau tanya kalo untuk alat2 radeon, nvidia, processor i3,i5,dan i7 itu buat apa aja ya untuk anak arsitek ?

      Delete
    3. Saya pribadi antara radeon atau nvidia nggak terlalu beda. Kalau prosesor lebih baik minimal i5. RAM baiknya minimal 8gb.

      Delete
  11. Kak mau tanya, di poin ke 2 bagian final itu ada kata jimplak 5 gambar, maksudnya jimplak yang kaya gimana? 😅
    Jimplak kaya diajarkan waktu SD atau maksud dari jimplak disini seperti apa yang kita gambar harus sama persis sama contoh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jiplak. Kita pake kaca yang disenter. Tapi tergantung dosen si. Tugas seperti ini sebenarnya jarang.

      Delete
  12. Kak maunanya, itu yang tugas menggambar bangunan sederhana di gambar arsitektur 1 pake perspektif 2 titing hilang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari dosennya. Tapi biasanya kita tetap belajar semua titik hilang. Mulai dari satu titik hilang, dua titik hilang, sampai tiga titik hilang.

      Delete